banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

MENELADANI NABI UNTUK MEMPERKOKOH KEPEDULIAN DAN KEBERSAMAAN DI MASA PANDEMI

Mdi19.com, Bogor – Libur Maulid Nabi 2021 telah ditetapkan pemerintah, namun libur Maulid Nabi tahun ini mengalami perubahan dan tidak sesuai dengan kalender sebelumnya.

Bila sebelumnya libur Maulid Nabi Muhammad Saw 2021 ditetapkan tanggal 19 Oktober 2021, kini digeser menjadi tanggal 20 Oktober 2021. Apa alasan pemerintah menggeser libur Maulid Nabi tahun ini, Pemerintah memiliki kebijakan dalam rangka untuk mengantisipasi di masa pandemi covid-19 di tahun ini.

Digesernya libur Maulid Nabi 2021 didasari karena beberapa alasan, salah satunya pemerintah hendak mengantisipasi klaster baru Covid 19, yang sebenarnya kondosi sudah mulai menunjukkan perubahan yang siknifikan namun masyarakat tetap harus menjaga dan mengikuti aturan yang di anjurkan pemerintah.

Satu diantara peringatan hari besar Islam yang diperingati dengan meriah dan tak lekang oleh waktu, pada hari ini sabtu tanggal 6 November 2021 dengan kesederhanan dan keterlibatan masyarakat setempat untuk menunjukan rasa cinta kepada nabi Muhammad Saw, adalah Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw disalah satu kelurahan bilangan Gunung Sindur, Bogor yang hari ini sudah termasuk zona hijau masyarakat begitu antusias menyambut peringatan Maulid Nabi. Sebuah tradisi yang dilaksanakan setiap tahun dengan berbagai macam bentuk dari yang sederhana sampai yang terkesan mewah. Dari yang klasik sampai yang modern. Hal itu dilakukan untuk menghormati dan meramaikan hari kelahiran baginda Nabi Besar Muhammad Saw.

Rabiul Awwal adalah bulan kelahiran Rasulullah Muhammad SAW. Momentum di bulan Rabiul Awwal ini, di jadikan sebagai peristiwa yang agung bagi umat Muslim di penjuru dunia. Dikarenakan kelahiran Rasulullah SAW menjadi cahaya penerang dalam syiar Agama Islam yang perjuangan beliau dikenang sepanjang masa. Manusia agung yang sangat berpengaruh sepanjang masa. Dengan akhlak dan cinta menjadi ruh disetiap langkahnya untuk membawa umatnya ke jalan yang benar, jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT, yaitu addinul haq, Dinul Islam.

Kemeriahan perayaan maulid merupakan wujud dari kegembiraan dan kecintaan kepada Rasulullah Saw, sosok yang menjadi uswatun hasanah bagi seluruh umat manusia di Bumi ini dalam rangka mencapai sesuatu yang haqiqi yakni Rahmatan lil alaamiin. Seperti apa yang dilakukan di Masjid jami Baitusomad di bilangan Gunung Sindur Bogor, di hadiri ustadz fenominal dan yang bersahaja Al Mukarom K.H. Sahnan Bulqiah ( Bogor) dengan menampilkan tema “Meneladani Nabi Untuk Memperkokoh Kepedulian dan Kebersamaan di Masa Pandemik, mampu membius para jama’ahnya dengan gaya dan ciri khasnya bersholawat dengan suara yang indah dan menyentuh hati jama’ah yang di prakarsai ibu-ibu majelis ta’lim Baitusomad yang dengan kemandiriannya.

Pesan moral buat umat Islam dimasa kini yang telah di sampaiakan, agar mampu menjadi tauladan atau Uswatun Hasanah bagi kita semua.

Reporter : Sujarwo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250