banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Program Studi  Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin Sinergitas Dengan YASMIN Gelar Berbagi & Khitanan Massal

M19news.com, Jakarta – Tim Dosen Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin bekerja sama dengan Yayasan Mutiara Gading Indonesia (YASMIN), menggelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Khitanan Massal, kegiatan ini disupport oleh lingkungan RT/RW setempat dan Unsur Bimaspol dan Babinsa yang turut berpartisipasi dalam program ini, acara tersebut bertempat di sekretariat YASMIN, Jl. Pengantin Ali no. 3 kel. Ciracas kec. Ciracas jakarta timur, Rabu (15/12/2021).


Acara seremonial dimulai tepat pada pukul 09.00 dengan serangkaian acara pembukaan dan sambutan dari pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan bakti sosial ini, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ketat seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan panitia juga menyediakan alat pengukur suhu badan.

“Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Tim Dosen Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin, dengan mengusung tema, _”MERAIH KESHOLIHAN SOSIAL DAN SALING BERBAGI DENGAN KHITANAN MASSAL”_, sebagai bentuk aplikasi Tridharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan pengajaran serta penelitian, “demikian ucap staf Dosen, Tri Mulia Herawati, S.Kp., M.Kep. dalam sambutannya mewakili Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin.


“Kami mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dari pihak-pihak yang telah membantu sehingga terlaksananya acara hari ini, ” ucap Hera.

Lanjutnya lagi, “Buat adik-adik yang akan dikhitan, tidak perlu takut karena om – om Perawat yang HEBAT yang sudah bertahun-tahun sebagai tenaga medisnya juga mereka merupakan alumni Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin,“ kata Hera menyemangati adik-adik peserta khitanan massal.


Sementara itu Pembina Yayasan Mutiara Gading Indonesia Ustadz Tuswa, menyampaikan, “Agenda kita hari ini giat bakti sosial berbagi khitanan massal sinergitas dengan Universitas MH Thamrin berjalan baik dan lancar, terima kasih kepada semua pihak atas partisipasi dalam kegiatan ini,” ucap Tuswa.

Lebih lanjut beliau sampaikan ucapan terimakasih kepada donatur yang telah berdonasi kepada YASMIN, sehingga adik-adik Yatim terbantu, tentu yang dilakukan oleh donatur nantinya akan memetik hasil yang baik pula dan akan senantiasa dimudahkan oleh Allah dalam segala urusan. Adapun yatim dan dhuafa YASMIN berjumlah 155 orang, dengan agenda rutin yayasan, setiap bulan mengadakan santunan, setiap pekan di hari Kamis malam jumat istighotsah membacakan doa atau hajat dari para donatur dan kami juga menyediakan bimbel gratis,“ ungkap Ustadz Tuswa.


Pada kesempatan yang sama, Babinsa Ciracas Sukimin menuturkan, “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan khitanan massal yang dilakukan oleh pihak Yayasan YASMIN dan Universitas Thamrin. Ini kegiatan yang sangat positif, kami berharap melalui RT/ RW bisa menyampaikan kepada warga lingkungannya, bahwa di Yayasan YASMIN ada acara khitanan, ” tutupnya.

Acara PKM khitanan massal dan santunan terasa sangat meriah, karena pihak panitia yang menyediakan tayangan dalam bentuk film kartun untuk meminimalisir rasa takut mereka.


PKM ini melibatkan tenaga medis berjumlah 4 orang serta dibantu oleh 5 mahasiswi mewakili Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan S1 Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin itu sendiri.

Koordinator tim tenaga medis Ns. Agus Purnomo, S.Kep., yang saat ini berdinas di RS POLRI, saat dikonfirmasi oleh M19news.com. membeberkan, ”Alhamdulillah agenda khitanan massal hari ini berjalan dengan baik dan sukses, adapun pelaksanaan nya tadi seperti isak tangis, jeritan peserta, karena sebagian adik-adik ada yang belum siap secara mental, namun setelah selesai di khitan, ada yang senang karena merasa lega sudah selesai dikhitan menjalankan salah satu syariat tuntunan agama yakni berkhitan, “tutur Agus yang juga alumni Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas MH Thamrin.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bimaspol Ciracas Aiptu Agus DH, Ketua RW. 06 Ali Effendi, Ketua RT. 006 Kasim, Ketua panitia Ns. Martha Silalahi, S.Kep, serta tim Dosen Ns. Zakiyah Mujahidah, S.Kep., M.Kep., Ns. Siti Djubaidah, S.Kep., M.Kep., Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan S1 Keperawatan, Fakultas Kesehatan Universitas MH Thamrin yaitu Isha Rizkia Ananda, Windy Lestari, Miftakhul Nurjanah, Ninda Febrica Melani dan Febiyana Agung Trimurti, serta Ustadz Sobana selaku anggota Pembina dan jajaran pengurus YASMIN, para Donatur serta 15 adik-adik peserta khitanan massal.

Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250