banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Jelang Verifikasi Administrasi, KPUD Jaktim Adakan Rakor dengan Sejumlah Calon Parpol Peserta Pemilu 2024

  • Bagikan
banner 468x60

M19NEWS, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta Timur menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi dengan Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 bertempat di Hotel Fieris, Rawamangun Jakarta Timur, Selasa 20 September 2022.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai persiapan Verifikasi Administrasi (Vermin) yang akan dilakukan KPU hingga 15 Desember 2022.

banner 336x280

Hal itu dipandang perlu dilakukan KPU guna mengurangi kesalahan administrasi oleh Parpol calon peserta pemilu khususnya parpol baru.

Wage Wardana
Ketua KPUD Jakarta Timur,Wage Wardana saat sambutan di Rakor dan Sosialisasi Vermin bersama Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 di Hotel Fieris Rawangun Jakarta Timur, Selasa 20 September 2022. Foto: Tim.

Ketua KPUD Jakarta Timur, Wage Wardana dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan sebagai wadah komunikasi dan berkoordinasi dengan parpol calon peserta pemilu 2024 khususnya di Wilayah Jakarta Timur.

“Jadi ini sebagai wadah komunikasi koordinasi dan sinergi sehingga banyak hal yang terjadi di Vermin (Verifikasi Administrasi) dan verifikasi bisa dibahas di diurai di sini,” kata Ketua KPUD Jakarta Timur, Wage Wardana saat sambutan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, lanjut Wage pihaknya berharap bisa memberikan masukan kepada para calon Parpol peserta Pemilu agar bisa meminimalisir masalah yang muncul saat proses verifikasi administrasi dilakukan.

Lebih lanjut, Wage menegaskan bahwa verifikasi yang dilakukan KPU akan berlangsung hingga 15 Desember 2022, dan memastikan parpol mana saja yang akan berlaga di pemilu 2024.

“Jadi sebelum 15 Desember 2022 kita (KPU) belum bisa menetapkan parpol mana saja yang akan berlaga di pemungutan suara pada 14 Februari 2024,” ungkapnya.

Suhanda
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Suhanda saat diwawancarai awak media usai Rakor dan Sosialisasi Vermin bersama Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 di Hotel Fieris Rawangun Jakarta Timur, Selasa 20 September 2022. Foto: Tim.

Senada dengan itu, salah satu komisioner KPUD Jakarta Timur, Suhanda mengatakan, bagi parpol yang anggotanya masih di bawah 1000 orang bisa segera memperbaiki atau menambah.

“Jadi di bawah 1000 keanggotaan maka kita harapkan untuk diperbaiki bagi partai-partai politik,” ungkapnya.

Khususnya partai baru, Suhanda mengajak untuk bekerja dengan sungguh- sungguh, meng-upload data dengan baik dan benar.

“Kesungguhan yang dimaksud adalah data yang diunggah ke Sipol adalah data yang valid dan bagus untuk dijadikan data keanggotaan (partai,red),” tandasnya.

Saat yang sama, salah satu peserta perwakilan Partai yang hadir mengaku terbantu dengan adanya kegiatan rakor KPUD Jakarta Timur.

“Bersyukur karena memang kita dari partai baru banyak hal yang belum kita ketahui sehingga dengan acara ini sangat membantu bagi dari Partai Republik,” ungkap Sukardi.

Ia berharap KPUD Jakarta Timur terus menjalin kerjasama, dan koordinasi dengan partai ke depannya.

Selain dihadiri Ketua KPUD Jakarta Timur Wage Wardana, hadir pula anggota KPU Provinsi DKI, Nurdin dan para anggota komisioner KPUD Jakarta Timur yakni Fahrur Rahman, Tri Endraningsih, Tedi Kurnia, dan Suhanda.

Selain itu sejumlah tamu undangan juga hadir dari Perwakilan Wali Kota Jakarta Timur, Polres Jakarta Timur, Kodim, dan pihak lainnya.

Tercatat ada 21 perwakilan parpol yang memenuhi undangan KPUD Jaktim antara lain Partai Persatuan Pembangunan, Partai Ummat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Republik, Partai Republik Satu, Partai Rakyat Adil Makmur, Partai Perindo, Nasdem, PKN, PKB, PKS, PKP, Hanura, Gerindra, Gelora, Partai Garuda, Partai Demokrat, PDIP, Partai Buruh dan PBB dan PAN. (Tim)

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *