Terima Audiensi, Walikota Jakarta Timur: Pemkot Harap AWPI Jalin Kemitraan, Koreksi dan Sosial kontrol Untuk Kritik yang Membangun

M19News, Jakarta – Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (DPC AWPI), Jakarta Timur Periode 2022-2027 melakukan audensi ke Kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur yang beralamat di Jalan Sentra Primer Timur, Pulo Gebang, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Dalam Kunjungan audensi tersebut, Jajaran pengurus DPC AWPI Kota Jakarta timur disambut dan diterima baik oleh Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan didampingi Kepala Suku Badan Kesbangpol,

Ahmad Jani, beserta Jajaran perwakilan lainnya, seperti Kasudin Kominfotik, Bagian Pemerintahan, Bagian Umum dan Protokol, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Bagian Perekonomian dan Bagian
Pembangunan dan Lingkungan Hidup.

“Jajaran Pengurus DPC AWPI Jakarta Timur yang diketuai oleh Abdul Haris, didampingi Dewan Kehormatan Peter Yang, Sekretaris Armadi Alek, Bendahara Suzi Oktalina beserta tujuh jajaran kepala bidang lainnya, audiensi Ini pertemuan resmi perdana dengan bapak Walikota Jakarta Timur yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur. Acara berlangsung santai, akrab dan penuh kekeluargaan di ruang Rapat IV, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur, lantai 2 Blok A.

Ketua DPC AWPI Jakarta Timur Abdul Haris menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada bapak WalikotaJakarta timur beserta jajaran atas Atensinya, menerima Kehadiran Kami dari Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (DPC AWPI) Jakarta Timur.

“Lanjut dia sampaikan, sebelum
dilaksanakan audensi, terlebih dahulu kami sudah menyerahkan Salinan SK kepengurusan AWPI dengan tembusan
kepada Walikota Jakarta Timur dan Alhamdulillah sudah diterima dengan baik, sebagai bentuk pemberitahuan
tentang keberadaan AWPI Jakarta Timur,” ujar Haris.

Menurutnya, “adapun, maksud dan tujuan audiensi ini, untuk menjalin sinergitas antara AWPI dan pemerintahan kota jakarta timur sesuai dengan tupoksi kita, pers sebagai pilar ke-empat Demokrasi, sosial kontrol sebagaimana telah diamanatkan oleh UU PERS NO. 40 Tahun 1999. AWPI Jakarta Timur, siap untuk Kolaborasi dan Sinergitas dalam Menyukseskan
Pembangunan kota jakarta timur melalui wadah publikasi, sekaligus memperkenalkan kepengurusan DPC AWPI Jakarta Timur periode 2022 – 2027, “kata Haris.

Selain itu, Haris memaparkan tentang apa
itu AWPI? Asosiasi wartawan Profesional Indonesia atau kita singkat AWPI adalah sebuah organisasi profesi
pers atau perkumpulan jurnalis dari berbagai media massa di Indonesia. AWPI lahir pada tanggal 13 April 2013, di Solo Jawa Tengah dan dideklarasikan pada 29 November 2014 di Hotel Gajahmada, Malang, Jawa Timur dan sampai saat ini baru berusi 10 tahun.

“Berdirinya atau lahirnya, AWPI dilatar belakangi keprihatinan terhadap kemampuan Wartawan pada
saat itu, yang kurang mumpuni dalam penulisan, kurang santun dalam bersikap dan lunturnya
idealisme.

Berdirinya AWPI diharapkan dapat menghimpun wartawan agar dapat berorganisasi dan mampu
menjadi jurnalis yang profesional dan proporsional, “papar Haris.

Masih kata Haris, “AWPI Jakarta Timur, ingin terus berkolaborasi dengan Pemkot Jakarta Timur dan saat ini kami
berdomisili untuk kantor Sekretariat, dikelurahan Lubang buaya, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur,
statusnya masih menyewa dan menaungi Puluhan wartawan dari beberapa Media online, cetak, maupun
elektronik dan untuk tingkat nasional AWPI, mempunyai
ribuan wartawan diseluruh Indonesia terdiri dari 24 DPD DAN 59 DPC di antaranya telah
berkompeten, dan juga sebagiannya telah lulus uji kompetensi wartawan dan medianya sudah terverifikasi oleh Dewan
Pers,”terangnya.

Disisi lain, Haris mengatakan, tugas kami selaku pengurus organisasi profesi wartawan, akan menuntun, membina dan membawahi seluruh anggota untuk selalu koordinasi dengan lakukan penguatan, meningkatkan kapasitas, kesejahteraan bersama, dan membangun hubungan komunikasi antar
lembaga lainnya, peran media begitu penting, kinerja pemerintah jakarta timur harus di-publish, agar masyarakat mengetahuinya. Kami siap bersinergi membantu pak Wali dalam memimpin kota, Jakarta timur,”ucap Haris.

Dia juga menyampaikan, selama enam bulan, beberapa kegiatan yang baru dilakukan oleh AWPI Jakarta Timur, Sejak SK yang ditetapkan oleh DPP AWPI tertanggal 15 Mei 2022, diantara kegiatan kami yang dilakukan, tanggal 27 – 28 Agustus 2022, Jajaran AWPI Jakarta Timur mengikuti Diklat Gugus Antisipasi
Narkotika Nusantara yang diselenggarakan oleh Penggiat anti Narkoba bekerjasama dengan BNN RI, dengan tujuan nya untuk mendapatkan edukasi dan penyuluhan tentang bahayanya narkoba bagi
generasi muda.

Pada tanggal 14 September 2022, DPC AWPI Jakarta Timur menggelar Kegiatan Santunan 100 Anak Yatim dalam rangka kepedulian kita kepada sesama, karena tugas ini bukan hanya tugas Pemerintah, tapi tugas kita bersama.

Dan juga kita mempunyai beberapa bidang yang siap untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah Kota jakarta timur untuk kedepannya dan nanti kita akan koordinasi dengan dinas terkait,”ungkapnya.

Diakhir penyampaian Visi, Misi dan tujuan dari audensi nya, Haris meminta doa dan dukungannya kepada Walikota Jakarta timur bisa membantu untuk mensukseskan RAKERNAS AWPI 2022 JAKARTA, yang InsyaAllah akan diselenggarakan pada tanggal 29 November hingga 1 Desember 2022, yang bertempat dihotel Jayakarta Jakarta, “pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur Eka Darmawan, mengawali sambutannya, “Mengucapkan selamat datang kepada Jajaran pengurus dan anggota DPC AWPI Jakarta Timur dan Menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena seyogyanya acara audensi ini akan diterima oleh bapak Walikota Jakarta timur, jadi sekali lagi pak Wali menyampaikan permohonan maaf kepada teman-teman AWPI, saat ini beliau belum bisa hadir karena ada tugas lain dan koordinasi dengan PJS Gubernur, “ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Eka Darmawan juga menyambut baik kunjungan pengurus DPC AWPI Jakarta Timur sekaligus menjalin sinergitas sebagaimana yang dimaksud dalam undangan audensi hari ini dan juga yang disampaikan oleh Ketua DPC AWPI tadi, yaitu menyampaikan informasi kemasyarakat tentang pembangunan yang ada di kota Jakarta Timur, “tuturnya.

“Kami siap untuk membantu AWPI, seperti halnya masalah Peningkatan ekonomi dan UMKM, masalah tenaga kerja kita mengusulkan untuk pelatihan ke BLK serta yang lainnya, nanti bisa koordinasi dengan yang terkait, sambil menunjuk dan memperkenalkan masing-masing bidang di jajaran pemerintah kota Administrasi Jakarta Timur, yang turut mendampingi audensi, “jelasnya.

Eka Darmawan menambahkan, “Pemerintah kota Jakarta Timur berharap hubungan ini bisa terjalin kemitraan dan jangan lupa fungsi sosial kontrol teman-teman wartawan tetap dijalankan sebagai koreksi dan kritik yang membangun untuk pemerintah kota Jakarta Timur menjadi lebih baik,”tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, hal senada juga disampaikan oleh Kepala Suku Badan Kesbangpol
Ahmad Jani, ia katakan Pemerintah Kota Jakarta Timur melalui Badan Kesbangpol mendukung untuk menjalin sinergitas dan partisipasi dari DPC AWPI Jakarta Timur dalam melaksanakan tugasnya yaitu menyampaikan informasi dan pemberitaan,”katanya.

Disinggung tentang AWPI Jakarta Timur untuk pendaftaran di kesbangpol, ia sampaikan nanti bisa koordinasi dengan jajaran kami, tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi, sehingga keberadaan organisasi diakui dan dianggap legal, “tandasnya.

Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *