Pendidikan

Tampil Qasidah di Jum’at Ta’lim, Kelompok 54 PLP Jurusan PGMI UIN SMH Banten Berikan Motivasi Siswa/i MIN 1 Kota Cilegon

×

Tampil Qasidah di Jum’at Ta’lim, Kelompok 54 PLP Jurusan PGMI UIN SMH Banten Berikan Motivasi Siswa/i MIN 1 Kota Cilegon

Sebarkan artikel ini

M19News, Banten – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten tengah melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan PLP) yang merupakan proses pengamatan atau observasi yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Mahasiswa Jurusan PGMI, Ahmad Fadillah Agnur Khusaini, beserta 5 orang lainnya, yakni Neneng Khoirunnisa, Annida, Rani, Toyibah, dan Puput Ramadina ditugaskan untuk melaksanakan PLP, selama 50 hari atau kurang lebih 2 bulan.

Kegiatan tersebut berlangsung di MIN 1 Kota Cilegon yang beralamat di Jalan Langon No. 5, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Dalam kegiatan PLP ini mengharuskan mahasiswa aktif memberikan kontribusi, baik dalam pembelajaran maupun kegiatan yang menumbuhkan kreatifitas, rasa percaya diri, serta tanggung jawab bagi peserta didik.

Ketua kelompok 54 PLP UIN SMH BANTEN, Ahmad Fadillah, “menyebutkan bahwa salah satu kegiatan yang menunjang kreatifitas dan tanggung jawab siswa/i MIN 1 Kota Cilegon adalah kegiatan Jum’at Ta’lim.

“Kegiatan Jum’at Ta’lim ini merupakan kegiatan rutin di MIN 1 Cilegon, selain berfokus di bidang keagamaan, kegiatan ini juga bisa mengasah kreatifitas dan melatih siswa/i untuk bertanggung jawab, “tutur Fadil.

Pasalnya, kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa/i MIN 1 Kota Cilegon , hal tersebut tentu membuat mereka harus disiplin dan bertanggung jawab.

Kegiatan Jum’at Ta’lim yang berlangsung di lapangan belakang sekolah MIN 1 Kota Cilegon, pada Jumat (07/10/2022) siang.

Turut hadir dalam jum’at ta’lim seluruh siswa/i serta dewan guru dan para staff.
Adapun rangkaian kegiatan tersebut, dimulai pukul 07.00 wib, pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Pantauan awak media dilokasi, yang menarik dari kegiatan ini adalah dipandu oleh seorang pembawa acara, kemudian dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Quran yang dikumandangkan oleh salah satu Mahasiswa PLP UIN SMH Banten, yakni Ahmad Fadillah.

Sementara itu, Kepala Sekolah MIN 1 Kota Cilegon, Ali Mahmud, S.Pd.I., M.Pd menyarankan agar Mahasiswa PLP UIN SMH Banten ikut serta memeriahkan dan memberikan motivasi kepada siswa/i MIN 1 Kota Cilegon,”ucapnya.

Saran dari Kepala sekolah MIN 1 Kota Cilegon, langsung direspon oleh Kelompok 54 PLP yang beranggotakan 6 orang dengan kompak, “mengiyakan saran tersebut” dan siap tampil dalam kegiatan Jum’at Ta’lim selanjutnya dengan harapan dapat memberikan motivasi kepada siswa/i, agar dapat terus berkreatifitas, salah satunya dengan bershalawat sambil bermain qasidah, “kata Ahmad Fadillah Agnur menambahkan.

Acara jum’at ta’lim ditutup dan diiakhiri dengan pembacaan do’a oleh bapak Supriadi, S. Pd. I., memohon kepada Allah SWT, semoga selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam kegiatan apapun kepada kita semua, “ucapnya dalam doa.

Reporter: Ratih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pendidikan

SIMEULUE : Penjabat Bupati Simeulue Ahmadlyah, SH.di dampingi…