Example 728x250

TAKONAS MoU Dengan STIPAN Dalam Rangka Peran Pemerintah Daerah Wujudkan Sertifikasi Keahlian dan Kompetensi Tingkatkan Kompetensi SDM Unggul dan Mandiri

M19News, Kota Bekasi – Dewan Pimpinan Pusat Tenaga Ahli dan Keahlian Nasional (DPP TAKONAS) secara resmi menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) Jakarta. Acara berlangsung di Lagoon Avenue Mall, pada Selasa (13/12/2022).

Penandatangan PKS antara Ketua DPP TAKONAS Wardhana Wisnu Saputra SH, SE, MM., dengan Ketua STIPAN DR. Sumarsono tersebut disaksikan oleh Pembina DPP TAKONAS Benny Tunggul Ph D, Direktur Akademik Kampus STIPAN Dr. Rajaner Simarmata dan Ketua Askopindo DPC Kota Bekasi Mariam Rahmawati sekaligus sebagai Moderator.

Setelah penandatanganan kerjasama antara TAKONAS dengan STIPAN, acara dilanjutkan dengan seminar yang bertajuk “Peran Pemerintah Daerah Wujudkan Sertifikasi Keahlian dan Kompetensi Tingkatkan Kompetensi SDM Unggul dan Mandiri.

“Perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan dan mengoptimalkan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Merdeka Belajar Kampus Merdeka, ini merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang tujuannya mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja,” ujar Ketua STIPAN DR. Sumarsono.

Menurutnya, jadi seluruh mahasiswa yang kita didik, ilmunya adalah Ilmu pemerintahan, selain itu mengenal ilmu-ilmu yang lainnya, baik ilmu tehnik, agrobisnis dan apapun yang lainnya.

Demikian juga sebaliknya di MBKM itu, jadi mahasiswa/wi yang belajar di tehnik, sosial ataupun pemerintahan, kaitannya dengan kerjasama dengan Takonas kongkritnya teman teman kelak nanti akan menjadi birokrat, seperti pejabat daerah yang ruang lingkupnya luas termasuk konstruksi,” kata Sumarsono kepada awak media.

“Jadi mulai sekarang mahasiswa kita berikan pemahaman dan juga ketika nanti ada mata kuliah studi kelembagaan, jadi kita sudah berikan sedikit mengenai konstruksi sehingga bisa melakukan apa saja sehingga menjadi kompetensi, maka kita belajar dengan Takonas dan berharap kedepan akan bisa lebih baik,” ucap Sumarsono.

Ia menambahkan, target yang ingin dicapai dari kerjasama ini, yang pertama menambah kompetensi mahasiswa, melaksanakan merdeka kampus merdeka belajar dan pengembangan studi kunjungan kelembagaan tentang konstruksi,” tutup DR. Sumarsono.

Dalam sambutannya, Ketua DPP TAKONAS Wardhana Wisnu Saputra SH, SE, MM., mengatakan Seminar ini mendorong Pemerintah Daerah melakukan kebijakan Skala Prioritas peningkatan SDM, baik di Pemeritahan, Industri dan Jasa Konstruksi dengan melaksanakan Sertifikasi Keahlian dan Kompetensi. Sertifikasi ini memiliki peran penting dalam daya saing SDM di Indonesia maupun internasional,” jelasnya.

Selain itu, Kita mengetahui bahwa Sertifikasi bukti seseorang atau Lembaga memiliki kemampuan Profesional sesuai dengan Bidangnya, namun bukan hanya itu menjadi keunggulan utama, tetapi bagaimana? seseorang memiliki Sertifikasi, memiliki Nilai-nila Profesi yang Inovatif, Kompeten, Integritas, Independensi, berkualitas, dan memiliki keunggulan komparatif baik individu dan Perusahaan di bidang Jasa dan Industri,” ungkap Wisnu.

Lanjut, ia sampaikan pada hari ini STIPAN dan TAKONAS melakukan Seminar Sertifikat Keahlian dan Kompetensi untuk mempersiapkan para calon-calon birokrat yang akan menjadi pengambil kebijakan di Pemerintah baik tingkat Propinsi, Kota/Kabupaten tidak hanya mengandalkan Ijazah Strata 1 sebagai symbol ke Sarjanaan dalam menghadapi perubahan Persaingan Global Sumber Daya Manusia Sertifikasi menjadi Standardisasi Kompentensi SDM,” papar Wisnu.

Dia menambahkan, Harapan kami dengan Seminar dan Penandatanganan Kerjasama TAKONAS dan STIPAN dapat membawa Perubahan Dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia dan terciptanya Entrepreneurship Birokrasi di Indonesia mewujudkan Indonesia Maju dan Kompetitit dalam Pelayanan Publik serta Kemajuan Jasa Konstruksi,” pungkas Wisnu.

Dalam acara seminar tersebut, turut menghadirkan puluhan peserta dari kalangan mahasiswa/wi, seminar ysng dilaksanakan oleh Takonas dan STIPAN, ini yang pertama kali dilakukan di Lagoon Avenue Mall. (ARS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *