Ekonomi

Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Tangerang, PT Idemitsu Energy Indonesia Bantu Kurangi Emisi Karbon dan Pengendalian Abrasi Pantai

×

Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Tangerang, PT Idemitsu Energy Indonesia Bantu Kurangi Emisi Karbon dan Pengendalian Abrasi Pantai

Sebarkan artikel ini

Selaras dengan misi PT Idemitsu Energy Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dioksida, perseroan melaksanakan program CSR dengan menanam pohon bersama LindungiHutan. Sejumlah 1.000 bibit mangrove berhasil ditanam di Desa Sukawali, Tangerang (11/11/2023).

Idemitsu Indonesia terus melebarkan sayap bisnisnya untuk memperluas jaringan bisnis perusahaan. Saat ini, perusahaan telah merambah ke bidang energi yang bergerak dalam pengurangan emisi gas karbon dioksida. Sejalan dengan bisnis barunya, perusahaan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam bidang pelestarian alam dan lingkungan serta sebagai bagian dari proyek promosi dekarbonisasi.

Kampanye alam “1000 Trees Planting by CSR PT. Idemitsu Energy Indonesia” merupakan bentuk nyata kontribusi perusahaan terhadap mengurangi emisi karbon dioksida. Program ini pula sekaligus sebagai inisiatif program penghijauan yang bertujuan untuk menyelamatkan wilayah pesisir dari kerusakan lingkungan.

Ahmad Marbawi, selaku penanggung jawab KTH dan penyuluh kehutanan, mengatakan bahwa Sukawali merupakan tempat wisata (pantai) yang banyak dikunjungi oleh masyarakat.

“Sebelumnya, Sukawali adalah tempat wisata pantai yang banyak dikunjungi saat weekday. Lahannya punya TNI AL, kemudian Kami bekerja sama dengan pihak TNI AL untuk bersama-sama mensejahterakan masyarakat sekitar dengan melakukan penanaman mangrove dan melakukan edukasi untuk masyarakat,” ucap Ahmad Marbawi.

Penanaman turut dihadiri oleh sejumlah karyawan PT Idemitsu Energy Indonesia dengan melibatkan tim LindungiHutan, dan Kelompok Tani Hutan Remaja Tanjung Burung yang diketuai oleh Abdul Gopur.

Dengan menanam pohon, diharapkan lebih banyak menyerap emisi gas CO2 sehingga konsentrasi emisi karbon dioksida di bumi semakin berkurang. Marbawi menambahkan bahwa dengan adanya penanaman dari PT Idemitsu Energy Indonesia diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar Desa Sukawali.

“Harapannya penanaman ini bisa memberikan kontribusi baik untuk sekitar pantai, menahan gelombang air, mengurangi abrasi, dan dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar,” pungkas Ahmad Marbawi.

Mangrove memiliki manfaat untuk wilayah pesisir seperti membentuk ekosistem baru di pesisir, pengendali banjir rob dan abrasi, penyimpan karbon, penyerap zat logam berat, pendukung ekonomi masyarakat pesisir, pelindung tsunami, dan penyedia habitat bagi keanekaragaman hayati.

Penanaman mangrove PT. Idemitsu Energy Indonesia. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Dalam kolaborasinya bersama LindungiHutan, PT Idemitsu Energy Indonesia telah menunjukkan komitmen dan tanggung jawabnya terhadap aspek lingkungan, sosial, dan masyarakat. Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat menginspirasi pihak lain untuk berkontribusi nyata dalam menjaga lingkungan.

LindungiHutan memberikan kemudahan untuk perusahaan dalam mewujudkan kegiatan CSR atau ESG yang berdampak dan berkelanjutan. LindungiHutan juga menjalin kerja sama dengan masyarakat lokal sehingga program yang telah dijalankan dapat dipantau perkembangannya. Silakan kunjungi platform LindungiHutan, dan lihat capaian kami hingga saat ini.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *