Ekonomi

Mengubah Keselamatan Industri: Terra Drone Menggelar Workshop dan Demo Day “Pendeteksian Gas dengan Drone” di Abu Dhabi

×

Mengubah Keselamatan Industri: Terra Drone Menggelar Workshop dan Demo Day “Pendeteksian Gas dengan Drone” di Abu Dhabi

Sebarkan artikel ini
Terra Drone Corporation berkolaborasi dengan NDT CCS (NDT Corrosion Control Services), Al Masaood Energy & Pergam Group untuk menampilkan solusi dan teknologi canggih Drone Deteksi Gas melalui Workshop dan Demo Day.

Terra Drone Corporation, penyedia solusi drone terkemuka, berkolaborasi dengan NDT CCS (NDT Corrosion Control Services), Al Masaood Energy & Pergam Group untuk menampilkan solusi dan teknologi canggih Drone Deteksi Gas melalui Workshop dan Demo Day. Acara kolaboratif ini diadakan pada 14 Desember lalu di Hall Onyx 3, Dusit Thani Hotel, Abu Dhabi, dan menjadi momen bersejarah yang memberikan pemahaman mendalam tentang aplikasi drone yang revolusioner di industri minyak & gas.

Acara dimulai dengan serangkaian presentasi yang penuh wawasan, membahas manfaat mendalam drone di sektor Minyak & Gas seperti Aplikasi Drone di Minyak & Gas hingga studi kasus khusus yang disesuaikan dengan tantangan unik yang dihadapi oleh industri di Abu Dhabi. Pembahasan utama di acara ini pula tentunya pendekatan terobosan terhadap “Deteksi Kebocoran Gas Menggunakan Drone,” dengan menekankan peran kunci drone dalam meningkatkan langkah-langkah keamanan dan efisiensi operasional.

Selain itu, di acara ini dilakukan pula demonstrasi langsung, memamerkan kegunaan praktis drone untuk inspeksi ruang terbatas dan deteksi kebocoran gas secara real-time. Para peserta menyaksikan sendiri bagaimana drone dapat secara optimal bekerja di lingkungan yang menantang dengan mudah, serta memberikan gambaran tentang masa depan keamanan kerja dan pengelolaan risiko.

Demonstrasi langsung drone di Gas Detection Drone Workshop and Demo Day
Demonstrasi langsung drone di Gas Detection Drone Workshop and Demo Day

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta dari berbagai entitas, antara lain ADNOC Gas, ADNOC Sour Gas, ADNOC Onshore, ADNO Offshore, Borouge, ADNOC City Gas, dan lainnya. Kehadiran pihak-pihak ini menunjukkan komitmen mereka terhadap keselamatan pekerja, keberlanjutan, dan isu lingkungan, memperkuat relevansi teknologi drone dalam mendukung praktik industri yang bertanggung jawab.

Drone deteksi gas mewakili pergeseran paradigma dalam industri minyak & gas, pentingnya teknologi deteksi gas metana ini juga terkait dengan perhatian global terhadap isu perubahan iklim. Dalam konteks ini, kehadiran teknologi drone ini dapat mendukung upaya mitigasi emisi gas rumah kaca, sejalan dengan tujuan COP 28, yang merupakan rapat tahunan PBB untuk membahas isu iklim. Selain itu, pendekatan ini juga sejalan dengan inisiatif Oil and Gas Methane Partnership (OGMP) 2.0 yang menekankan pada tanggung jawab industri minyak dan gas dalam mengurangi emisi metana.

Drone deteksi gas sendiri juga menawarkan berbagai manfaat, antara lain:

Efisiensi Operasional: Drone memfasilitasi pemantauan cepat dan tepat di lokasi terpencil dan menantang, menghasilkan penghematan waktu dan sumber daya yang signifikan.

Meningkatkan Keamanan: Dengan menggunakan drone untuk inspeksi ruang terbatas, risiko paparan pekerja terhadap lingkungan berbahaya diminimalkan, menjaga lingkungan kerja yang lebih aman.

Kemampuan Deteksi Cepat: Dilengkapi dengan teknologi canggih, drone unggul dalam deteksi dini kebocoran gas, meminimalkan dampak lingkungan dan gangguan operasional potensial.

Partisipan di acara Gas Detection Drone Workshop and Demo Day
Partisipan di acara Gas Detection Drone Workshop and Demo Day

Upaya kolaboratif antara Terra Drone, NDT CCS, Al Masaood Energy & Pergam Group  diharapkan berpotensi mendorong perubahan positif, meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan standar keamanan kerja di perusahaan migas di Abu Dhabi maupun dunia.

Tentang NDT Corrosion Control Services Co. LLC

Didirikan pada tahun 1975, NDT Corrosion Control Services Co. LLC (NDTCCS) adalah penyedia layanan pengujian Non Destructive Test (NDT) terbesar di Arab Saudi yang mempekerjakan lebih dari 3.000 teknisi di Arab Saudi, Oman, UEA, Kuwait, dan Bahrain. NDT CCS menyediakan layanan NDT konvensional dan lanjutan untuk berbagai sektor industri termasuk minyak dan gas, petrokimia, pertambangan, nuklir, dan utilitas.

Website: https://ndtcorrosion.com/

Tentang Al Masaood Energy

Didirikan pada tahun 1971, Al Masaood Energy (sebelumnya dikenal sebagai Al Masaood Oil & Gas) adalah salah satu penyedia dan kontraktor minyak dan gas yang pertama di Uni Emirat Arab. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun dalam operasi hulu dan hilir serta tenaga kerja lebih dari 900 orang, Al Masaood Energy menyediakan layanan energi canggih di seluruh Uni Emirat Arab, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Laut Tengah Timur.

Website: https://www.almasaoodenergy.me/

Pergam Group

Pergam Group adalah sebuah perusahaan multinasional, pelopor dalam deteksi kebocoran gas jarak jauh berbasis laser — dengan berbagai metode pengujian Non Destructive Test  (NDT). Pergam menyediakan layanan inspeksi canggih untuk industri gas alam dengan sistem ALMA dan SELMA yang unik dan dipatenkan. Berkantor di Amerika Serikat, yang terletak di dekat Seattle, WA, didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan pasar Amerika Utara. Berkantor pusat di Swiss, menyediakan layanan deteksi kebocoran gas di seluruh dunia.

Website: https://pergamgroup.com/

About PT Terra Drone Indonesia

Didirikan pada tahun 2016, Terra Drone dengan cepat menjadi salah satu perusahaan solusi drone industri terbesar di dunia yang mempekerjakan lebih dari 500 profesional industri drone. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dan lebih dari 25 cabang & mitra tersebar di seluruh dunia. Terra Drone menyediakan layanan drone perusahaan yang inovatif antara lain untuk sektor minyak dan gas, utilitas, energi terbarukan, pertambangan, konstruksi, dan GIS. Website: https://www.terra-drone.net/global

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *