Example 728x250

Pj. Bupati Simeulue Ahmadlyah,SH Menerima SK Dari Kemenpora RI, Simeulue Dipercaya Gelar Kejuaran Antar Kampung tahun 2024.

SIMEULUE : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI) resmi menetapkan Kabupaten Simeulue menjadi lokasi untuk pelaksanaan kegiatan event bergengsi Kejuaran Antarkampung (Tarkam) tahun 2024,penetapan resmi lokasi Kejuaran Antarkampung itu, tertuang dalam Keputusan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, nomor 3.4.1 tahun 2024, sebanyak 75 titik lokasi yang tersebar di 34 Provinsi yang ada dalam wilayah Indonesia, dalam surat keputusan resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, tanggal 4 Maret 2024 itu, menetapkan untuk lokasi Kejuaran Antarkampung di Provinsi Aceh, yakni Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Barat dan Kotamadya Banda Aceh.

Pj Bupati Simeulue Ahmadlyah,SH mengatakan, mengaku sangat senang dan bangga bahwa Kabupaten Simeulue dipercaya untuk menyelenggarakan kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024,dia pun berharap lahir bibit-bibit atlet unggulan dari Simeulue berkat Kejuaraan Tarkam Kemenpora ini,keberhasilan Simeulue dalam event ini bisa menjadi inspirasi maupun motivasi bagi anak-anak Simeulue yang ingin menjadi atlet,” katanya.

Lebih lanjut Ahmadlyah, tentunya banyak sekali atlet Simeulue yang mewakili Provinsi Aceh dan Indonesia yang bermain di Asia, maupun Asean,berpesan kepada para atlet dan perangkat pertandingan untuk sportif. Sebab, ajang yang menjadi program unggulan Menpora ini bertujuan menjalin silaturahmi, kemudian mencari bibit-bibit atlet, agar anak-anak ini mempunyai mental yang baik untuk itu saya minta tolong kegiatan seperti ini junjung tinggi sportivitas,kepada wasit, juri official dan pendamping tolong anak-anak ini jangan sampai mereka menimbulkan perilaku yang tidak sportif di lapangan pertandingan. Kepada kepada wasit/juri berlakulah secara jujur dan adil dalam melaksanakan tugasnya,hanya beberapa Kabupaten/Kota saja yang mempunyai kesempatan untuk menyelenggarakan Kegiatan Tarkam ini, salah satu di antaranya adalah Kabupaten Simeulue dan ini suatu kehormatan dari Menteri Menpora kepada Kabupaten Simeulue,karena Menteri tahu juga bibit bibit olahraga ada di Kabupaten Simeulue sehingga nantinya adik adik semuanya calon atlet atlet profesional,” jelasnya.

Bahwa Undang Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON merupakan perwujudan semangat dan harapan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta segenap para pihak dalam pembinaan secara berjenjang dan berkelanjutan untuk mendorong peningkatan prestasi olahraga Indonesia, namun yang lebih penting adalah bagaimana olahraga dapat menciptakan generasi emas Indonesia yang sehat dan bugar dan aktif di masa mendatang khususnya bagi pelajar dan masyarakat secara umum di seluruh Indonesia.

Menjelang Indonesia Emas Tahun 2045 dimana nanti 100 tahun Indonesia Merdeka itu dibutuhkan SDM yang kokoh dan penuh daya saing sehingga nantinya tidak hanya olahraga fisik tentunya juga olahraga jiwa, karena itu Kejuaraan Tarkam ini sangat diapresiasi. Olahraga merupakan bagian penting dalam pendidikan,tidak hanya meningkatkan kondisi fisik dan keterampilan gerak saja, namun olahraga juga sebagai pendidikan karakter. Olahraga membangun karakter disiplin, membangun karakter sportif bahwa menang dan kalah itu biasa, membangun karakter pejuang dan pekerja keras, memperkuat karakter kolaborasi dalam kerjasama dan bahkan memperkokoh jiwa patriotisme dan nasionalisme,” jelasnya.

Lebih dari itu,ajang ini sesuai dengan salah satu pesan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Yaitu bagaimana Kemenpora dengan olahraganya bisa menyentuh lapisan terbawah yaitu dari kampung atau desa, sekaligus menjadi sarana pencarian bakat-bakat olahraga nasional,salah satu pesan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo dengan olahraganya bisa menyentuh masyarakat dari kalangan bawah yaitu desa dan kampung,serta dapat menjalankan pencarian bakat atau scouting secara simultan untuk menemukan bibit bibit potensial di daerah konsep program ini juga bertujuan untuk mendukung industri secara umum melalui UMKM di sekitar kita dan akan menghidupkan ekonomi masyarakat setempat,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Simeulue Syuhelmy menyampaikan,terkait Kabupaten Simeulue dipercayakan menjadi salah satu titik tuan rumah Kejuaraan Antarkampung itu, Ahamdulillah, benar Kabupaten Simeulue resmi telah ditetapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, untuk lokasi pelaksanaan Kejuaran Antarkampung atau Tarkam, yang dilaksanakan tahun ini, kegiatan Kejuaran Antarkampung yang dibiayai langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI itu, direncanakan untuk pelaksanaannya pada bulan Oktober 2024 mendatang, yang bertepatan dengan agenda Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 tahun 2024 Kabupaten Simeulue,”katanya.

Lanjut Syuhelmy,adapun nantinya dalam Kejuaran Antarkampung akan dipertandingkan yakni lomba marathon 10 km, bola volley putra putri, bulu tangkis, senam serta juga direncanakan lomba perahu dayung tradisonal tingkat SKPK yang ada di lingkungan Pemerintahan setempat maupun lembaga lainnya, kilas balik sehingga pulau Simeulue resmi ditetapkan menjadi salah satu lokasi pelaksanaan ajang Kejuaran Antarkampung itu, berawal diusulkan akhir tahun 2023, dan kemudian pada bulan Februari 2024 direstui oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, lumayan melelahkan perjuangan untuk agenda itu, setelah kita usulkan, kemudian direstui oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Kemudian pihak Kementerian intruksikan kepada kami bersama pak Pj Bupati untuk menjemput langsung surat keputusan resmi itu,” imbuh.(W001.01.001).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *