Nasional

Sampah vs UKP Pemalang: Siapa yang Akan Menang?

×

Sampah vs UKP Pemalang: Siapa yang Akan Menang?

Sebarkan artikel ini

Kantor Unit Kebersihan dan Persampahan (UKP) Pemalang, ironisnya, kini menjadi medan pertempuran sengit antara tumpukan sampah yang menggunung dan upaya untuk membersihkannya.

Pertarungan ini bukan hanya tentang estetika lingkungan, tetapi juga tentang kesehatan, keselamatan, dan kelestarian alam.

Terlihat beberapa Truk pengangkut yang penuh dengan sampah, terparkir di Kantor UKP Pemalang. Hal ini terhitung sejak 3 hari terakhir, akibat dampak dari penutup TPA Pesalakan, Pengongsoran Pemalang, pada 30 Juni 2024.

Namun, dalam kesempatan bersama TPA Pesalakan masih bisa menerima pembuangan sampah untuk dua kecamatan saja yaitu Pemalang dan Taman.

Akan tetapi hal ini masih belum dapat menemukan solusi, seperti apa yang terjadi di Kantor UKP Pemalang justru terparkir beberapa truk berisi penuh sampah. Rabu (3/7/2024) malam.

 

Sampah: Sang Lawan yang Berbahaya

Sampah, bagaikan monster yang tak kenal lelah, terus bertumbuh dan merajalela di halaman Kantor UKP Pemalang. Bau busuknya menusuk hidung, mencemari udara, dan mengundang penyakit.

Tumpukan sampah yang menggunung bagaikan bom waktu yang siap meledak, mengancam keselamatan para pegawai dan masyarakat di sekitarnya.

 

DLH & UKP: Benteng Pertahanan yang Goyah

DLH dan UKP, sebagai benteng pertahanan terakhir dalam menjaga kebersihan lingkungan, kini kewalahan menghadapi gempuran sampah yang tak henti-hentinya.

Upaya pembersihan yang dilakukan tak mampu mengimbangi laju penumpukan sampah. Kekurangan infrastruktur, minimnya kesadaran masyarakat, dan sistem pengelolaan sampah yang belum memadai menjadi faktor yang memperparah situasi saat ini.

 

Siapakah yang Akan Menang?

Pertanyaan ini menggantung di udara, penuh dengan kecemasan dan ketidakpastian. Akankah sampah terus merajalela, melumpuhkan UKP dan mencemari lingkungan? Atau akankah DLH dan UKP bangkit kembali, mengalahkan monster sampah dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat untuk Kabupaten Pemalang. (Surya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *