Ekonomi

Apa saja Persyaratan Visa Indonesia untuk Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)?

×

Apa saja Persyaratan Visa Indonesia untuk Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS)?

Sebarkan artikel ini

Persyaratan visa Indonesia bisa kompleks, terutama dalam hal mendapatkan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas). KITAS adalah dokumen wajib bagi warga asing yang ingin tinggal untuk jangka waktu lama di Indonesia. Dokumen ini berfungsi sebagai izin tinggal sementara, memungkinkan Anda untuk tinggal, bekerja di negara ini, serta keluar masuk Indonesia.

Visa ini sangat penting bagi ekspatriat yang mencari peluang profesional di ekonomi Indonesia yang berkembang pesat. Ini memastikan kepatuhan terhadap regulasi imigrasi dan membuka berbagai peluang, mulai dari mendapatkan pekerjaan hingga menikmati manfaat kependudukan. Panduan komprehensif ini akan menjelaskan secara mendalam tentang KITAS, termasuk tujuannya, kriteria kelayakan, proses aplikasi, dan manfaat yang ditawarkannya.

Apa itu KITAS?

KITAS, atau Kartu Izin Tinggal Terbatas, adalah izin tinggal sementara yang memungkinkan warga negara asing untuk tinggal dan bekerja di Indonesia selama jangka waktu tertentu. KITAS sangat penting bagi ekspatriat yang bekerja di perusahaan-perusahaan Indonesia, investor asing, peneliti, dan beberapa pensiunan tertentu. Dokumen ini menjadi landasan kepatuhan terhadap persyaratan visa Indonesia untuk tinggal jangka panjang yang melibatkan pekerjaan.

Siapa yang Membutuhkan KITAS?

Bagi warga asing yang merencanakan untuk bekerja, berinvestasi, pensiun, melakukan pelatihan dan pendidikan, belajar, atau reunifikasi keluarga di Indonesia dalam jangka panjang, KITAS sangat diperlukan. Ini memastikan kelegalan dalam pekerjaan dan kepatuhan terhadap regulasi imigrasi. Berikut adalah beberapa orang yang membutuhkan KITAS:

Karyawan Ekspatriat

Warga asing yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan Indonesia membutuhkan KITAS untuk bekerja secara legal. Hal ini memastikan pengalaman kerja yang lancar dan kepatuhan terhadap regulasi imigrasi.

Investor Asing

Individu yang menginvestasikan minimal IDR 1 miliar dalam perusahaan terbatas milik asing di Indonesia dapat memperoleh KITAS. KITAS ini dapat berlaku selama 2 tahun dan tidak digunakan untuk tujuan pekerjaan. Jika perusahaan bukan PMA (Penanaman Modal Asing), KITAS tidak dapat diterbitkan untuk investor asing tersebut.

Peneliti dan Pendidikan

Peneliti yang melakukan proyek riset jangka panjang di Indonesia mungkin memerlukan KITAS tergantung pada sifat dan durasi riset mereka. KITAS ini memfasilitasi tinggal mereka dan memungkinkan mereka untuk melakukan aktivitas penelitian secara legal. Jenis KITAS ini tidak untuk tujuan pekerjaan.

Studi

KITAS untuk tujuan studi diperlukan jika warga asing akan mengikuti pendidikan formal di tingkat sekolah dasar, menengah, menengah atas, atau perguruan tinggi, atau pendidikan informal seperti di pesantren, atau dalam bidang penerbangan dan lainnya. Jenis KITAS ini tidak dapat digunakan untuk tujuan pekerjaan.

Reunifikasi Keluarga

Jenis KITAS ini diperuntukkan bagi warga asing yang ingin tinggal di Indonesia karena alasan keluarga, seperti bersama pasangan Indonesia, atau sebagai anggota keluarga dari pemegang KITAS atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) lainnya. KITAS ini tidak dapat digunakan untuk tujuan pekerjaan di Indonesia.

Pensiunan Tertentu

Visa ini diberikan kepada turis asing senior berusia 55 tahun atau lebih yang ingin tinggal di Indonesia. Jenis visa ini tidak dapat digunakan untuk bekerja di Indonesia. Dengan visa pensiun ini, Anda dapat masuk dan keluar Indonesia serta membuka rekening bank. Untuk mendapatkan visa ini, Anda harus mempekerjakan pembantu rumah tangga lokal dan menandatangani perjanjian sewa di Indonesia.

Persyaratan Visa

Tergantung pada jenis KITAS yang ingin Anda peroleh, berikut adalah beberapa persyaratan umum yang biasanya diperlukan dalam aplikasi KITAS:

Izin Kerja

Surat ini diterbitkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia. Anda bisa melewatkan persyaratan ini jika tujuan tinggal Anda bukan untuk bekerja.

Paspor

Paspor Anda adalah dokumen penting yang harus valid setidaknya selama 12 bulan (jika masa tinggal kurang dari 1 tahun), atau 18 bulan (jika masa tinggal hingga 1 tahun), atau 36 bulan (jika masa tinggal hingga 2 tahun).

Bukti Dana

Bukti stabilitas keuangan diperlukan untuk menunjukkan bahwa Anda dapat mendukung diri sendiri selama tinggal, biasanya dimulai dari USD2.000 atau setara.

Foto Paspor

Foto paspor adalah bagian standar dari aplikasi.

Asuransi

Bukti kepemilikan asuransi dari perusahaan asuransi Indonesia yang sah yang mencakup pembiayaan kesehatan selama Anda berada di wilayah Indonesia.

Lainnya

Tergantung pada jenis KITAS, persyaratan dapat bervariasi seperti surat sponsor untuk KITAS peneliti, pendidikan, studi; surat sponsor dari orang tua Indonesia, buku kelahiran, buku nikah, atau akta nikah untuk KITAS reunifikasi keluarga.

Tentang CPT Corporate

CPT Corporate, sebagai mitra strategis di pasar Indonesia, terdiri dari tim berpengalaman yang terdiri dari ahli hukum, akuntan, dan analis bisnis yang memiliki spesialisasi dalam urusan korporat di Indonesia. CPT Corporate bertekad untuk menjadi mitra strategis yang menghubungkan kesenjangan antara bisnis dan regulasi pemerintah. Keahlian CPT Corporate mencakup saran regulasi, kepatuhan pajak, restrukturisasi bisnis, investasi asing, dan merger serta akuisisi yang kompleks. CPT Corporate berkomitmen membantu bisnis menavigasi pasar dinamis Indonesia, memastikan operasi yang lancar dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Tidak sekadar “Corporate Secretarial Provider” biasa. CPT Corporate hadir untuk mengurangi hambatan dan menghubungkan perusahaan dengan pemerintah. Dengan pengalaman membantu ratusan perusahaan, baik lokal maupun asing, di berbagai sektor dengan berbagai kasus, CPT Corporate telah memperkaya pengalaman dan pengetahuan, sehingga dapat memberikan layanan yang terbaik kepada klien.
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES