banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Forum PKBM DKI Jakarta Ajak Seluruh Penyelenggara PKBM Bersinergi Mempersiapkan UPK

M19News, Jakarta – UJian Paket Kesetaraan (UPK) akan segera dilaksanakan awal tahun ini.

Sejumlah persiapan tengah dilakukan oleh Forum PKBM DKI Jakarta bersama Forum Tutor DKI Jakarta.

Rencananya, UPK akan dilaksanakan serempak secara daring dan hybrid dengan soal-soal yang telah disiapkan oleh Forum PKBM DKI Jakarta bersama Forum Tutor.

Ketua Forum PKBM DKI Jakarta Amiruddin mengatakan, akan mengoordinir pelaksanaan UPK di DKI Jakarta yang berbasis asesmen.

“Jadi Forkum PKBM DKI Jakarta ini akan mengoordinir persiapan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) yang berbasis asesmen,” ucap Amiruddin saat dihubungi melalui pesan singkat.

Menurut pria yang kerap dipanggil Pak Haji ini, soal-soal atau kisi-kisi dibuat oleh PKBM bersama Forum Tutor sesuai aturan Kemendiknas.

“Secara sinergi antara PKBM dengan forum Tutor. DKI Jakarta ini sudah berupaya bekerjasama membuat MoU dengan forum Tutor untuk penyediaan kisi-kisi dan soal-soal UPK tahun 2022 yang berbasis asesmen,” lanjut Amiruddin.

Alasannya, kata Ketua 1 Forum PKBM Nasional ini Forum Tutor ini sudah dilatih oleh kementerian. karenanya, Ia mengimbau kepada seluruh PKBM yang ada di DKI Jakarta untuk bersama-sama bersinergi menyelenggarakan UPK tersebut.

“Saya mengimbau kepada seluruh PKBM seluruh DKI Jakarta hendaknya mari kita bersama-sama kompak satu pintu bersama-sama untuk menyelenggarakan UPK ini, walaupun memang di juknis dinyatakan boleh PKBM membentuk sendiri soal sendiri,” katanya.

Dia khawatir jika soal-soal UPK yang dibuat sendiri-sendiri oleh PKBm tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh kemendikbudristek. (Ansori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250