Example 728x250

Hadiri Pernikahan Putri Tanjung Dan Guinandra, Wapres Beri Nasihat Pernikahan

M19News.com | Jakarta | Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menghadiri akad nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo di Kediaman Chairul Tanjung, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/03/2022). Di samping memberikan ucapan selamat dan doa, Wapres juga turut memberikan nasihat pernikahan pada acara tersebut.

“Yang pertama dan utama, luruskan niat kalian dalam menikah, supaya nikahnya berpahala. Sebab dalam Islam banyak amalan kelihatannya amal duniawi, tapi bisa menjadi amal akhirat (karena niat yang benar),” pesan Wapres kepada kedua mempelai.

Untuk itu, kepada tamu undangan yang hadir dan telah menikah agar memperbaharui lagi niatnya supaya mendapat keberkahan.

“Bagi pengantin lama, yang dulu niatnya belum beres, saya minta diperbaharui niatnya sekarang. Namanya tadjidun niat, memperbaharui niat, dan memperbaiki niatnya. Insya Allah sisanya berkah,” tuturnya.

Tidak hanya dalam urusan pernikahan, sambung Wapres, dalam berbagai urusan lain seperti kegiatan sosial, politik, ekonomi, termasuk mencari rizki, apabila niatnya baik maka juga akan menjadi amal akhirat yang berpahala.

“Sebaliknya, banyak amal nampaknya akhirat, tapi dia menjadi amal dunia, tidak berpahala, bahkan bisa menjadi maksiat, kalau niatnya buruk,” jelasnya.

Selanjutnya, Wapres mengingatkan kepada Putri dan Guinandra, bahwa dalam bahtera rumah tangga, tidak ada suami atau istri yang ideal dan sempurna. Menurutnya, akan selalu ada kekurangan dan kelebihan yang didapati dari diri seorang suami atau istri.

“Kedua, terimalah istri Anda dengan segala kekurangan dan kelebihannya, terimalah suami Anda dengan segala kekurangan dan kelebihannya,” pintanya.

Ketika mendapati sesuatu dalam diri istri atau suami yang tidak menyenangkan hati, menurut Wapres, maka juga harus dicari hal lain dari suami atau istri yang menyenangkan hati.

“Waktu kita _sebel_, ingat yang kita sukai, sehingga imbang. Itu tuntunan Nabi begitu. Kalau kamu melihat sesuatu yang tidak kamu sukai, pasti ada (hal lain) yang kamu sukai,” terangnya.

Terakhir, Wapres memberi pesan agar kedua mempelai dapat membangun rumah tangga yang _sakinah_, _mawaddah_, dan _warrahmah_, serta memiliki rasa kasih sayang dan saling pengertian yang menjadi kunci sukses dalam berumahtangga.

“Yang ketiga, jadikan rumah tangga Anda rumah tangga yang _sakinah_, yang harmonis. Ada _mawaddah_, saling mencintai, ada _rahmah_, kasih sayang,” pinta Wapres.

“Ini bukan hanya untuk rumah tangga, tetapi juga dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, kalau ada saling mencintai, saling menyayangi, saling pengertian, pasti tidak akan (terjadi) konflik, pasti semua harmonis,” imbuhnya.

Menutup nasihat pernikahannya untuk Putri dan Guinandra, Wapres memanjatkan doa agar kedua pasangan suami istri baru ini senantiasa dalam lindungan dan keberkahan Allah SWT, serta menjadi keluarga yang harmonis dan sejahtera.

“Panjangkan jodohnya sampai akhir hayatnya, diberikan keturunan yang saleh dan _salehah_; dan rumah tangganya dipenuhi dengan _mawaddah_, saling mencintai; _rahmah_, saling menyayangi; _husnu tafahum_, saling pengertian,” doanya.

Pada acara yang berlangsung khidmat dan hangat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat tersebut, tampak hadir Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai saksi mempelai wanita dan Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono selaku saksi dari pihak mempelai pria.

Selain itu, turut hadir pula Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Presiden Ke-11 Boediono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebagai informasi, Putri Tanjung merupakan putri sulung Chairman CT Corp Chairul Tanjung. Selain aktif sebagai pengusaha dalam bidang agensi creator, ulusan Academy of Art Amerika Serikat ini juga merupakan Staf Khusus Presiden Joko Widodo.

Sementara, Guinandra Jatikusumo merupakan anak dari pasangan Dwi Asmono dan Dira P. Komalaningtyas. Berbeda dengan Chairul Tanjung sebagai pengusaha, orang tua Guinandra merupakan peneliti akademis. Tidak kalah berprestasi, Guinandra juga tercatat memiliki banyak prestasi yang membanggakan. Salah satunya, pria yang akrab disapa Andra ini pernah menjadi juara pertama dalam kompetisi penelitian International Conference of Young Scientist 2009 yang digelar di Polandia. Lulusan New York University ini diketahui pernah bekerja di Citibank GIC dan saat ini tercatat sebagai Kepala (Principal) di Sea Capital Singapura.Terangnya.(Maman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *