Example 728x250

Pemkot Jakarta Timur Siap Bersinergi dengan SMSI Jakarta Timur Ciptakan Good News

M19NEWS, Jakarta – Perwakilan Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jakarta Timur melakukan kunjungan silaturahmi ke Pemkot Jakarta Timur, pada Senin 17 Oktober 2022.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Timur, A Yani R Yusuf dan Kepala Bagian Pemerintahan Nuke Dasri dan Sejumlah Kepala Dinas Pemkot Jakarta Timur.

Ketua SMSI Jakarta Timur, Wisnu Wicaksana mengawali pemaparannya menyampaikan tentang sejarah dan visi misi dibentuknya SMSI.

Menurutnya, SMSI adalah organisasi perusahaan media (Pers) yang didirikan sejak 7 Maret 2017 oleh para wartawan senior PWI.

Kesbangpol Jakarta Timur
Kepala Kesbangpol Jakarta Timur, Kabag Pemerintahan dan Kadis Pemkot Jakarta Timur berfoto bersama Perwakilan SMSI Jakarta Timur di Kantor Pemkot Jakarta Timur, Senin 17 Oktober 2022. Foto : MHT.

Selanjutnya, kata dia, SMSI yang beranggotakan lebih dari 2000 media online di Indonesia pada 2020 lalu ditetapkan sebagai konstituen Dewan Pers dan dinobatkan sebagai organisasi pers terbesar di dunia.

Wisnu lebih lanjut mengatakan bahwa kehadiran SMSI di Jakarta Timur dalam rangka menjaga dan mengembangkan marwah profesi insan jurnalis yang saat ini mulai tergerus kepentingan sempit sejumlah oknum wartawan.

“Kita sesuai visi misi SMSI yakni mengembangkan marwah awal kejurnalistikan yang selama ini banyak oknum (wartawan) mulai berbelok dari tupoksinya sebagai jurnalis,”terangnya.

Selain itu, kata Wisnu, pihaknya akan terus melawan penyebaran informasi hoaks di masyarakat dengan mengadakan sosialisasi dan pelatihan jurnalistik kepada masyarakat umum.

Kendati demikian, Wisnu menyadari pentingnya peran pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan upaya tersebut.

“Kehadiran kita di sini untuk bersinergi bekerjasama dalam program-program Wali Kota Pemerintah Kota Jakarta Timur sesuai dengan tupoksi kami sebagai media,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kesbangpol Jakarta Timur, A Yani meminta pihak SMSI Jakarta Timur segera mendaftarkan organisasinya ke Kesbangpol.

Ia berjanji mendukung program dan kegiatan SMSI selama itu positif bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Yani menambahkan, Kesbangpol memiliki tupoksi yakni merangkul (registrasi) dan merekatkan seluruh elemen organisasi massa dan politik yang ada di Jakarta Timur termasuk SMSI di dalamnya.

“Tentunya mendukung nama besar SMSI yang luar biasa, jadi kami membuka diri dengan kehadiran SMSI,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yani menyambut baik keinginan SMSI untuk melakukan upaya menangkal penyebaran informasi hoaks dan menertibkan media dengan sosialiasi berupa pelatihan jurnalistik dan literasi bermedsos.

Saat yang sama, Kepala Bagian Pemerintahan Nuke Dasri menyampaikan terimakasih atas pemaparan yang disampaikan SMSI.

“Terimakasih sekali sudah disampaikan paparan singkat terkait SMSI. Intinya pemerintah kota berterimakasih dan mendukung semua kegiatan yang positif, dengan adanya SMSI ada yang bertugas meluruskan media dan pemberitaan,” ungkapnya.

Nuke lebih lanjut menambahkan, Pemkot mengajak SMSI untuk bisa bekerjasama dengan Pemkot Jakarta Timur memberikan informasi yang benar ke masyarakat.

Ia juga berjanji akan menyampaikan hasil diskusi pihaknya dengan SMSI ke Wali Kota Jakarta Timur untuk ditindaklanjuti.

Wisnu Wicaksana datang didampingi pengurus SMSI lainnya yakni Sekretaris Moh Hatta Tahir dan Anggiat selaku bendahara.

(MHT)