Example 728x250

Bawaslu Kota Tangsel Adakan Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Kepada Seluruh Pengawas Kecamatn.

M19 News.com , Tangerang Selatan Nite & Day Alam Sutra Bawaslu Kota Tangerang Selatan mengadakan kegiatan fasilitasi penyelesaian sengketa kepada seluruh Pengawas Kecamatan se-kota Tangerang Selatan 21/11.

Fasilitasi Penyelesaian Sengketa, dengan tema Pemetaan Potensi Sengketa Paska Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu serentak tahun 2024″ merupakan kegiatan strategis yang dilaksanakan oleh Bawaslu Tangsel dalam upaya peningkatan kapasitas petugas pengawas di tingkat kecamatan.
Dalam sabutannya ketua Bawaslu Tangsel M. Acep menyampaikan bahwa integritas petugas pengawasan harus tetap dijaga dalam aktifitas pengawas pemilu, terlebih dalam penyelesaian sengketa proses. Tanpa adanya integritas petugas pengawas, sangat sulit rasanya bersikap adil.
Lebih lanjut M Nasehuddin selaku pimpinan Bawaslu Banten divisi Penyelesaian Sengketa Pemilu menyampaikan bahwa Petugas Pengawas tingkat kecamatan akan mendapatkan mandat dari Bawaslu setingkat di atasnya agar dapat menyelesaikan sengketa proses cepat sebagaimana tertuang dalam Perbawaslu nomor 7 tahun 2022 tentang penanganan temuan dan laporan penyelenggara pemilihan umum.
Pemateri lain yaitu Ahsanul Minan dosen hukum di Universitas Nahdatul Ulama Indonesia menyampaikan bahwa sengketa pemilu itu dibagi 2, yaitu Sengketa proses  dan sengketa hasil. Kedua sengketa ini berbeda penanganannya, sengketa proses Bawaslu yang menangani, sedangkan sengketa hasil Mahkamah Konstitusi yang menangani.

Kegiatan fasilitasi penyelesaian sengketa yang diselenggarakan oleh bawaslu kota tangerang selatan bertujuan meningkatkan kualitas petugas pengawas pemilu dalam menghadapi potensi pelanggaran yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024. Peningkatan Pemahaman dan pengetahuan terhadap regulasi pemilihan umum menjadi sangat penting dimiliki oleh setiap pengawasan, mengingat tantangan yang semakin komplek dan rumit sehingga pembekalan berkaitan dengan regulasi kepemiluan menjadi sangat penting.

Pewarta_RHE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *