Example 728x250

Kolaborasi dengan 4 Brand dan UMKM, LindungiHutan Rehabilitasi Hutan Mangrove dengan Tanam 375 Pohon di Jawa Tengah

Jalin kemitraan dengan TelusuRI, Control Zero, Tumbuh Setaman dan Trivadya Trip, LindungiHutan lakukan reboisasi dengan 375 mangrove di pesisir utara Desa Bedono, Sayung, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Kolaborasi LindungiHutan bersama Mitra Penghijauan seperti TelusurRI, Control Zero, Tumbuh Setaman, dan Trivadya Trip berhasil melakukan penanaman 375 pohon mangrove di Desa Bedono pada 12 Oktober 2023 sebagai upaya pelestarian alam dan lingkungan.

Aksi penghijauan melibatkan beberapa inisiatif kampanye penghijauan bertajuk “Desa Bedono seperti Tanam Mangrove, Selamatkan Bedono dari Abrasi” – TelusuRI, “Responsible Beauty with CZ” – Control Zero, “Merdeka Menanam Untuk Desa Bedono” – Tumbuh Setaman, dan “1000 Mangrove untuk Bedono Bersama Trivadya Travel” – Trivadya Trip.

Keempat kampanye tersebut, menjadi bukti nyata dan bentuk kepedulian terhadap Desa Bedono, mengingat lokasi ini terletak di wilayah pesisir yang mengalami degradasi cukup signifikan akibat dari kerusakan lingkungan.

Kegiatan penanaman mangrove dilakukan mulai pukul 07.30-11.00 WIB. Proses penanaman berjalan dengan lancar dengan melibatkan tim LindungiHutan dan Mak Jah sebagai Mitra Petani.

Jumlah 375 pohon mangrove tertanam hasil kolaborasi Mitra Hijau dan LindungiHutan tersebut merupakan komitmen bersama sebagai upaya rehabilitasi alam di Desa Bedono. Besar harapan melalui penanaman ini juga dapat memperkuat pesisir Desa Bedono dalam menghadapi tantangan abrasi dan perubahan iklim.lindungihutan jawa tengah mangrove

Keluarga Mak Jah adalah satu-satunya keluarga yang bersikukuh tetap tinggal di Desa Bedono di tengah kondisi yang memprihatinkan. Tidak tinggal diam, mereka terus berjuang mempertahankan Desa Bedono dengan menanam mangrove kurang lebih sejak 2017. Walau keadaan rumah sebagian tenggelam, semangat Mak Jah dan keluarga untuk mempertahankan Desa Bedono terus membara.

“Meskipun tersisa rumah Mak Jah yang dihuni di desanya, itupun sebagian tenggelam, Mak Jah terus berjuang menanam pohon untuk desanya. Bukan hanya untuk Mak Jah sendiri, namun untuk alam, masyarakat sekitar, bahkan nelayan yang membutuhkan tempat untuk singgah. Terima kasih untuk mitra LindungiHutan yang menjadikan Mak Jah tak berjuang sendiri lagi,” Tutur Gilang, Tim LindungiHutan.

Selain memberikan manfaat secara langsung kepada lingkungan, aksi ini juga berkontribusi untuk memberdayakan masyarakat lokal mengelola lingkungan.

Upaya penghijauan ini juga berkontribusi dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030.

Kontribusi ini mencakup upaya pencegahan degradasi lahan akibat abrasi, pengurangan dampak banjir bagi warga, upaya peningkatan tutupan hijau di wilayah pesisir, pengurangan emisi karbon, peningkatan perekonomian serta penyedia jam kerja bagi petani dan warga setempat.

Melalui kolaborasi ini, LindungiHutan berharap, banyak pihak lain yang ikut terlibat dalam memperkuat ekosistem pesisir.

About LindungiHutan

LindungiHutan adalah startup lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Telah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Kementerian Sosial sejak tahun 2018. LindungiHutan menjadi fasilitator yang menghubungkan seluruh pihak berkepentingan dalam aksi penghijauan, melalui platform lindungihutan.com, sebanyak 720 ribu pohon berhasil tertanam dan sebanyak 481 brand dan perusahaan telah berkolaborasi bersama Kami.
Kami memiliki 47 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Dengan cerita pada masing-masing lokasi penanaman, semakin menambah nilai dari kolaborasi yang diciptakan. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green CSR, Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset. LindungiHutan hadir melalui berbagai kanal, mulai dari Whatsapp admin 0813-29182514, email di partnership@lindungihutan.com, akun Linkedin LindungiHutan, serta akun Instagram @lindungihutan.
Contact
Intan Widianti Kartika Putri
Head of Partnership
Email: kartika@lindungihutan.com
Phone: +62 823-2901-5769
Jl. Lempongsari 1 No. 405 Gajah Mungkur, Semarang 50231
Website: https://lindungihutan.com/
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *