Example 728x250

Kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun Anggaran 2024

Sumbawa Besar|NTB – Dandim 1607/ Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, S.E.,M.Han. hadiri pelaksanaan rapat koordinasi penguatan program TNI manunggal membangun Desa (TMMD) Tahun Anggaran 2024 bertempat diruang rapat lantai 1 kantor Bupati Sumbawa jln. Garuda no.1 kelurahan Lempeh Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Jumat(02/02/2024).

Dengan agenda “Guna optimalisasi membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan yang merata serta menunjang penurunan angka kemiskinan melalui pembangunan fisik dan non fisik melalui program TMMD yang semula di laksanakan 3 tahap per tahun maksimal menjadi 4 kali dalam setahun” Tahun Anggaran 2024 yang di pimpin oleh Pj. Sekda Kabupaten Sumbawa Bapak Ir. Dirmawan.

Sekda kab. Sumbawa Bapak Ir. Dirmawan menyampaikan Harapan Pemerintah Pusat Kepada Pemerintah Daerah masih terdapat Desa sangat tunggal, Desa Tertinggal dan Desa berkembang belum tersentuh, Oleh karena itu, untuk optimalisasi membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan yang merata serta dapat menunjang penurunan Angka kemiskinan melalui pembangunan fisik dan non fisik maka program TMMD.

“Berpedoman pada ketentuan Perpu antara lain Permendagri 15 tahun 2023 pedoman penyusunan APBD tahun 2024 dan surat Menteri Keuangan nomor 546/MK.7/2023 tanggal 9 Juni 2023 hal pedoman penyusunan dan penyampaian usulan Dak fisik oleh Pemda sebagai Dasar pengalokasian Dak fisik tahun 2024, Diminta kepada Gubernur, Bupati/Walikota agar dapat menyesuaikan dengan pelaksanaannya di masing-masing daerah.” Jelas Sekda

Dalam rapat tersebut, Dandim 1607/ Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, S.E.,M.Han. menanggapi penyampaian dari sekda kabupaten Sumbawa.

“Terkait pelaksanaan perencanaan TMMD dalam program pemerintah, kami akan membantu dan akan melaporkan ke komando Atas dalam hal ini Korem 162/ WB tentang perencanaan program pemerintah melalui TMMD, kami Kodim 1607/Sumbawa siap mendukung dalam program tersebut.” Kata Dandim

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk memperkuat program TNI Manunggal yang bertujuan membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan yang merata dan mengurangi jumlah penduduk miskin melalui pembangunan fisik dan non-fisik.

Meskipun semula direncanakan tiga tahap per tahun, program TNI manunggal membangun desa akan ditingkatkan menjadi empat tahap per tahun mulai tahun 2024.

Pada rapat tersebut Dandim 1607/Sumbawa berterima kasih atas kesempatan yang diberikan dan menyadari adanya perubahan regulasi terkait program tersebut. Rapat juga menegaskan pentingnya koordinasi antar lembaga untuk memastikan program tersebut terimplementasi dengan efektif dan mencapai target yang diinginkan.

Dandim 1607/Sumbawa berkomitmen untuk mendukung program tersebut, bekerja sama dengan Babinsa untuk mengidentifikasi wilayah yang membutuhkan bantuan dalam tahap-tahap program di masa depan.

Penulis: Pendim 1607Editor: Pendim 1607

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *