banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Tumbuhkan UMKM BI Banten Gelar KKB 2021

Mdi19.com | Banten | Bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten gelar Karya Kreatif Banten (KKB) 2021 pada 11 dan 21 Oktober 2021.

Kegiatan KKB diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran virtual, penjualan di marketplace, interaktif talkshow dan hiburan oleh T Koes Band serta pembagian hadiah dan door prize.

KKB dibuat guna mendukung pertumbuhan UMKM Banten yang mampu bersaing secara nasional dan global sehingga bisa menjadi sumber penghasilan daerah.

Dukungan permodalan, akses pemasaran, pelatihan, dan digitalisasi pembayaran dari perbankan menghasilkan kenaikan omset yang signifikan bagi UMKM.

“Omset penjualan Karya Kreatif Banten 2021 sejak dibuka tanggal 11 Oktober 2021 sampai kemarin sangat menggembirakan. Omset penjualan selama satu bulan penjualan mencapai 1,3 milyar,” kata
Kepala BI Banten Erwin Soeridimadja dalam interaktif talkshow hybrid dan daring bersama pelaku UMKM di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Lebih lanjut Erwin mengatakan, terdapat peningkatan omset dibanding pelaksanaan KKB tahun lalu yang hanya mencapai 600 juta rupiah. Hal ini membuktikan bahwa saat ini produk UMKM Banten semakin diterima oleh pasar baik nasional maupun global melalui pendekatan pemasaran digital dan kemudahan pembayaran melalui QRIS atau aplikasi pembayaran digital.

Terdapat 117 UMKM binaan BI dan binaan Kabupaten – kota di Banten yang mendapat kesempatan menggunakan platform e-Commerce ternama di Indonesia. UMKM tersebut akan mendapatkan dukungan dan pembinaan dari Bank Indonesia.

“Karya Kreatif Banten yang dibuka pada 11 Oktober 2021 lalu alhamdulillah luar biasa mendapatkan dukungan dari dinas-dinas terkait di pemerintah provinsi Banten termasuk delapan kabupaten kota yang berpartisipasi dalam KKB 2021,” tutupnya.

Assriana salah satu peraih Penjualan terbaik sebagai pelaku bisnis batik di Banten merasa terbantu untuk segi permodalan juga akses penjualan dari BI.

“Harapan kita, semoga Batik Banten Mukarnas bisa lebih maju dan go Internasional, bangkit dan berjuang kembali normal. Untuk Bank Indonesia agar selalu mensupport kami UMKM khususnya di Provinsi Banten,” tandasnya.

Talkshow interaktif bareng yang dilakukan secara hybrid dan daring diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, Direksi Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeridimadja, Sekda Provinsi Banten dan para narasumber dari berbagai kalangan. Ujarnya.(Maman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250