banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

ARC Turut Membantu Anak-anak Terdampak Covid-19 di Indonesia

ARC
Advent Reaksi Cepat (ARC) dan anak-anak yatim terdampak Covid-19. Foto: Hat.

MDI19, Jakarta – Sejak pagi sejumlah sukarelawan berkaos merah telah sibuk mengatur dan membagikan makanan kepada setiap tamu undangan yang hadir. Di belakang kaosnya tertulis nama Advent Respon Cepat.

Mereka adalah Sukarelawan Advent Respon Cepat (ARC) yang turut berpartisipasi dalam event yang digagas oleh Kepolisian RI bertema “Dukungan Psikososial bagi Anak-anak Terdampak Covid-19 2021” di Lapangan Lemdiklat Polri, Ciputat Raya, Jakarta Selatan, Selasa 2 November 2021.

Tim ini dipimpin oleh Kurniawan Eko Susetyo bersama Betty Zelda Siahaan selaku bendahara.

“ARC adalah sukarelawan bencana tapi kita aktif di awal pandemi Covid-19,” ucap Kurniawan saat ditemui di sela-sela acara.

Kurniawan lebih lanjut menjelaskan, bahwa keterlibatannya pada event hari itu karena dorongan rasa kemanusiaan membantu anak-anak yang terdampak Covid-19.

“Ini adalah salah satu bencana dan yang menjadi konsen utama bukan pada saat terjadinya Covid-19 itu tetapi ekses yang ditimbulkannya,” katanya.

Menurutnya, dari 144 ribu korban jiwa karena Covid-19, 36 persen di antaranya dalam usia produktif yang memiliki anak yang membutuhkan bantuan dan pendampingan psikososial.

“Itulah yang harus diperhatikan. ARC memerhatikan anak anak yatim tersebut,” imbuhnya.

ARC
Ketua ARC, Kurniawan Eko Susetyo (tengah berbaju batik) bersama Tim Sukarelawan ARC di lokasi kegiatan. Foto: Hat.

Bentuk bantuan yang diberikan ARC yakni langsung mendistribusikan makanan, logistik, ke panti-panti yang merawat anak-anak ini.

Kurniawan menegaskan, membantu masyarakat tanpa melihat agama, politik dan tidak ada kepentingan ekonomi tetapi murni panggilan kemanusiaan.

ARC adalah sebuah organisasi sukarelawan bencana yang berpusat di Jakarta yang telah memiliki 12 perwakilan di Indonesia.

ARC adalah organisasi Sukarelawan bencana yang dibentuk oleh Komunitas Gereja Masehi Advent Departemen Pelayanan Masyarakat.

ARC resmi berdiri pada 2020 dan telah terjun ke berbagai lokasi bencana seperti di Sumatera Utara, Garut, Jawa Barat, Palu, Kalimantan Selatan, Lombok NTB, dan Banten Jawa Barat.

Event “Dukungan Psikososial bagi Anak-anak Terdampak Covid-19 2021” merupakan hasil kerjasama Pihak Kepolisian RI, TNI, Kemensos, Kemen PPPA, LPAI dan BRI yang bertujuan memberi bantuan dan hiburan terhadap anak-anak yang terdampak Covid-19 di Indonesia. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250