banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

T’KOES Meriahkan Konser Tribute to Koes Plus, RRI Surakarta di Hari Pahlawan

Mdi19.com, Surakarta – Dalam Memperingati Hari Pahlawan, RRI Surakarta menyelenggarakan Konser Hari Pahlawan dengan tema “Tribute to Koes Plus Maestro Musik Indonesia”, di Gedung Auditorium Sartsito Mangunkusumo RRI Surakarta, Rabu (10/11).

Berlangsung meriah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat seperti penonton wajib menggunakan masker, jumlah penonton dibatasi 50 persen, menggunakan aplikasi pedulilindungi, serta dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki Auditorium Sarsito Mangunkusumo.

Kepala LPP RRI Surakarta Arlin Setyaningsih, dalam Sambutan menuturkan, “Selamat datang, diacara konser hari pahlawan “Tribute to Koes Plus Maestro Musik Indonesia”, Acara ini terselenggara atas inisiasi, Soleman Yusuf Direktur Program dan Produksi RRI, kegiatan pagelaran musik KoesPlus bertepatan dengan hari pahlawan yang jatuh pada 10 November, ” tutur Arlin.

Ia menceritakan, bagaimana? sejarah awal berdirinya RRI Surakarta dikenal SRRI Solo, Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta mempunyai sejarah panjang dan merupakan cikal-bakal nya RRI, dan inilah radio tertua diindonesia, betapa bersejarahnya gedung ini dan tugas kami adalah merawat dan melestarikan cagar budaya ini, sehingga pada tahun 2020 auditorium ini dipugar, namun bisa dilihat kayu-kayu yang samping kiri kanan belakang masih menggunakan kayu-kayu aslinya sejak tahun 1935, “kata Arlin Setyaningsih.

Rangkaian pagelaran musik tersebut, tidak hanya musik Koes Plus. Tapi juga baca puisi dan paduan suara lagu bernuansa kepahlawanan,

menghadirkan T’KOES, Neo Jibles, Voca Erudita, dan sebagai bintang tamu Nomo Koeswoyo, serta special performance dari penyair Sosiawan Leak.

Pada konser hari pahlawan, juga diserahkan santunan kepada dua Legium Veteran RI markas cabang Surakarta, yakni Soemardi dan Suharno.

Dikonfirmasi Mdi19.com, Direktur Program dan Produksi, Soleman Yusuf menyampaikan konsep dari konser tersebut yakni dengan menampilkan nilai-nilai positif pada peringatan hari pahlawan 10 November. Sehingga dihadirkan pula sastrawan dan paduan suara yang menampilkan puisi dan nyanyian yang bertema nasionalisme kebangsaan, “katanya.

Lanjut ia membeberkan, “Jadi konten di dalamnya itu selain masyarakat mendapatkan hiburan kangen-kangenan dengan lagu Koes plus yang begitu melegenda, mereka juga diingatkan diberikan kesadaran pemahaman dan membangkitkan lagi semangat kepahlawanan pada 10 November. Kemudian kita juga tampilkan sosok sastrawan pembaca puisi sosiawan leak yang akan menampilkan puisinya bertema tentang pahlawan. Itu juga ada paduan suara dari UNS yang menyanyikan beberapa lagu bertema nasionalisme kebangsaan,” jelas Soleman.

Soleman berharap, selain terhibur, penonton juga mendapat nilai edukasi di hari pahlawan.

“Dengan harapan dengan event ini orang selain terhibur juga sesuai filosofi RRI, edukasi, informasi dan hiburan, juga mendapat semacam suntikan semangat di hari pahlawan,” tuturnya.

Kegiatan tersebut juga disiarkan langsung melalui Pro 1 RRI Surakarta, RRI Jogjakarta, Purwokerto dan Semarang, serta melalui RRINet.

Reporter : Haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250