Example 728x250

Rangkaian SKB CPNS Kementerian PANRB Dimulai, Peserta Diminta Utamakan Integritas

 

M19news.com, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memulai rangkaian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2021. Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih meminta seluruh peserta mengedepankan integritas dan sikap percaya diri saat mengikuti seleksi.

“Saya harap peserta bisa tenang, percaya diri, yakin pada kemampuan diri, serta utamakan integritas,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan SKB di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta, Sabtu (27/11).

SKB Kementerian PANRB digelar selama empat hari secara luring dan daring. Tes yang dilaksanakan antara lain, substansi jabatan dengan menggunakan _Computer Assisted Test_ (CAT), tes TOEFL, psikotes dan wawancara psikotes, wawancara dengan pimpinan unit kerja, serta praktik kerja.

Sri menjelaskan bahwa masing-masing jenis tes memiliki tujuan yang berbeda. Tes substansi jabatan dengan menggunakan CAT merupakan cara mengetahui kemampuan peserta terkait jabatan yang akan diembannya jika lulus nanti.

Lebih lanjut, tes TOEFL adalah upaya memprediksi kemampuan Bahasa Inggris peserta CPNS Kementerian PANRB. Sementara psikotes dan wawancara psikotes berguna untuk mengetahui potensi sikap dan perilaku serta kepribadian CPNS yang akan mengisi jabatan.

Terakhir wawancara _user_ dan praktik kerja adalah langkah untuk mengenal kemampuan teknis pelamar serta mengetahui seberapa siap para pelamar tersebut untuk bekerja. Menurut Sri, banyaknya jenis tes yang harus diikuti peserta adalah untuk menjamin sumber daya manusia (SDM) yang terpilih adalah mereka yang terbaik dan siap mengabdi untuk bangsa dan negara.

“SKB empat tahap ini sangat menentukan kualitas pegawai yang kita terima, tidak hanya yang pintar tetapi juga berintegritas dan siap mengabdi dengan mengamalkan nilai-nilai BerAKHLAK,” terang Sri.

Berbeda dari gelaran Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), pelaksanaan SKB Kementerian PANRB diselenggarakan terpusat di Jakarta. Dijadwalkan SKB berlangsung hingga 30 November 2021.

SKB diikuti oleh 176 peserta dari total 184 peserta yang dinyatakan lulus pada SKD. Peserta yang tidak hadir pada rangkaian SKB dianggap mengundurkan diri dari kepesertaan seleksi CPNS Kementerian PANRB tahun anggaran 2021.

Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *