banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Kapolres Metro Bekasi Kota Kukuhkan Pengurus Pokdarkamtibmas Sektor Bekasi Selatan Periode 2021-2023

Penyerahan Pataka kehormatan dari Ketua Pokdarkamtibmas Kota Bekasi (kiri) ke Ketua Pokdarkamtibmas Bekasi Selatan. Foto : rei/m19.

M19News, Kota Bekasi – Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Aloysius Suprijadi menegaskan agar ormas-ormas bisa menjadi mitra pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Menurutnya, banyak ormas yang terdaftar dan legal justru melenceng dari tugas mulianya sebagai ormas yang seharusnya mengayomi masyarakat.

Ia berharap kehadiran ormas bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat bukan sebaliknya justru meresahkan masyarakat.

Hal itu ia sampaikan saat melantik dan mengukuhkan pengurus baru Pokdarkamtibmas Sektor dan Sub Sektor Bekasi Selatan digelar di Gedung PGRI Jakasetia Bekasi Selatan, Sabtu 11 Desember 2021.

Pada kesempatan itu, turut hadir Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Kapolsek Bekasi Selatan Kompol M Rudiyono, Ketua Pokdarkamtibmas Kota Bekasi Suyatno, Camat Bekasi Selatan Azhari dan Lurah se-bekasi Selatan.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Aloysius Suprijadi menegaskan, pelantikan pengurus Pokdarkamtibmas bukan seremonial belaka namun bisa kehadirannya bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas.

“Bukan hanya seremonial tapi Pokdarkamtibmas ini kehadirannya perannya manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” terang Aloysius.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Aloysius Suprijadi menyerahkan Skep pengukuhan pengurus kepada Ketua Pokdarkamtibmas Bekasi Selatan. Foto: Rei/m19news.

Pokdarkamtibmas, lanjut Aloysius harus menjadi ormas yang memberi ketentraman dan ketenangan bagi warga bukan sebaliknya ormas yang selalu bikin onar.

“Banyak ormas yang tujuan mulia ini tidak tercapai.yang kita rasakan sedikit-sedikit ribut, konflik, rebutan lahan parkir, rebutan limbah bacok bacokan ini yang kita tidak harapkan,” imbuhnya.

Kehadiran ormas seperti Pokdarkamtibmas ini, lanjut Aloysius berperan membantu pihak kepolisian dalam menjaga Kamtibmas dan perluasan vaksinasi di masyarakat.

“Rekan-rekan Pokdarkamtibmas banyak membantu kemarin pada kegiatan percepatan vaksinasi yang telah dibantu oleh masyarakat para relawan, dermawan dan Pokdarkamtibmas,” ungkapnya.

Pria yang baru setahun menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi Kota tersebut menegaskan agar ormas yang ada di Kota Bekasi jangan menjadi organisasi kriminal.

“Kami berharap banyak ormas-ormas lain juga bersinergi menciptakan situasi kamtibmas yang betul-betul kondusif dan tidak merepotkan masyarakat apalagi mengintimidasi dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarkamtibmas Resor Metro Bekasi Kota, H. Suyatno mengatakan berharap pengurus yang baru dilantik bisa memajukan organisasinya.
“Mudah-mudahan kedepan, ketua terpilih yang sudah dilantik, menjadi ketua yang amanah, dan bisa memajukan Pokdar dan menjaga institusi Polri dan menjaga nama organisasi Pokdarkamtibmas
Bhayangkara.” ungkapnya.

Ia juga menekankan bahwa Pokdarkamtibmas adalah mitra Polri yang kegiatannya adalah sosial, akan bersinergi dengan para ormas lainnya dalam menjaga keamanan, ketertiban, yang kondusif, aman dan damai.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Bekasi Selatan Dedy Rudyanto yang baru dilantik berjanji akan bekerja tanpa batas untuk masyarakat Bekasi Selatan yang aman, tertib dan kondusif.

“Pengabdian Tanpa Batas, disini maksudnya, bahwasanya kami mengabdi tanpa ada suatu bayar apapun, tidak ada rupiah apapun, karena kami berdiri berdasarkan skep dari Polri. Kalau di Bekasi Selatan berdasarkan skep yang dikeluarkan oleh Kapolres (No. Skep/157/XII/OTL.1.1.2/2021),” terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, akan membangun koordinasi dengan pemerintah dan TNI.

“Pada dasarnya kami adalah tidak hanya bermitra dengan polisi tetapi juga dengan pemerintah dan TNI. Dengan ormas lainnya kami bangun kekeluargaan dan komunikasi kalau ada masalah di lapangan itu tugas kepolisian. kami sifatnya membantu tapi tidak melebihi fungsi polisi,” tandasnya.

Jumlah pengurus dan anggota Pokdarkamtibmas Se-Kota Bekasi tidak kurang dari 3 ribu orang, 300 orang di antaranya bergabung di Pokdarkamtibmas Bekasi Selatan.

Daftar susunan Pengurus
POKDARKAMTIBMAS Sektor Bekasi Selatan Periode Tahun 2021-2023

1. DEDY RUDYANTO sebagai KETUA
2. NIPAN APANDI sebagai SEKRETARIS
3. HENDRAT YUSWITO sebagai BENDAHARA
4. OSAN NURHASAN sebagai OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan
5. AGUNG YUDO TRIYANTO sebagai MONITORING DAN OPERASIONAL
6. AGUS WIEBOWO sebagai INFOKOM (Informasi dan Komunikasi)
7. M. TASRIP RASIAN sebagai EKONOMİ DAN PENGEMBANGAN USAHA
8. ZAINAL ABIDIN sebagai PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN
9. H. ARYANDI sebagai PENGAWASAN DAN HUKUM
10. CARUDI sebagai DEWAN PENASEHAT
11. H. ROJIH ACHMAD sebagai DEWAN PENASEHAT
12. TRIYADI HENDRAWAN sebagai DEWAN PENASEHAT

Reporter : Reinaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250