banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Penyanyi Legendaris Bollywood Lata Mangeshkar Meninggal Dunia

Lata Manggeskar
Lata Manggeskar meniggal dunia karena Covid dan pneumonia

M19 News, Jakarta – Dunia hiburan India berduka.

Penyanyi legendaris Bollywood Lata Mangeshkar meninggal dunia pada Minggu (6/2/2022) pagi. Sebelumnya diberitakan, Lata Mangeshkar positif terinfeksi virus Corona dan sempat dirawat di rumah sakit selama beberapa lama.

Lata Mangeshkar meninggal di usia 92 tahun. Sebelum meninggal, kondisinya kembali kritis pada Sabtu (5/2/2022) sehingga pihak rumah sakit harus memasang ventilator. Namun sayangnya, sang penyanyi kenamaan tidak tertolong hingga mengembuskan napas terakhir Minggu pagi.

Lata Mangeshkar dibawa ke rumah sakit pertama kali karena COVID-19 dan pneumonia sejak Januari. Dijelaskan oleh pihak rumah sakit, Lata Mangeshkar meninggal sekitar pukul 8.12 pagi waktu setempat.

Sederet usaha penyelamatan sempat dilakukan di rumah sakit. Namun rupannya selain karena memang usia yang sudah senja dan COVID-19, Lata Mangeshkar mengalami gagal organ.

Prosesi pemakaman Lata Mangeshkar akan digelar di Shivaji Park, Mumbai. Prosesi ini akan digelar sebagai sebuah upacara pemakaman istimewa buat sosok yang sangat penting buat India.

Sosok Lata Mangeshkar tidak bisa disepelekan di industri film Bollywood. Dia mengawali kariernya di 1940-an dan terus eksis lewat produksi film-film Bollywood populer di era 1990 hingga 2000an. Dia menjadi penyanyi di balik suara Madhuri Dixit dalam lagu Dholna di film Dil To Pagal Hai, lagu-lagu di film Mohabbatein, hingga Kabhi Khushi Kabhie Gham.

Sepanjang kariernya, Lata Mangeshkar telah menyanyikan lebih dari 25 ribu lagu solo. Pencapaian itu membuatnya dinobatkan sebagai penyanyi dengan rekaman lagu terbanyak sepanjang sejarah hingga memecahkah rekor Guinness di 1974.

Lata Mangeshkar juga pernah berkolaborasi dengan Rhoma Irama. Dalam deretan lagu-lagu yang dinyanyikannya, dia seringkali kebagian duet dengan Udit Narayan (yang menyanyikan banyak lagu-lagu Bollywood di film-film populer) dan Sonu Nigam.

Dia juga banyak menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai bahasa selain Hindi seperti Bengali, Telugu, Nepali, Urdu, hingga berbahasa Inggris. (Sumber hot detik.com/Soleh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250