banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Rapat Maraton Persiapan Pembentukan Asosiasi Media Siber Nasional, Wadah Berhimpun Wartawan dan Perusahaan Pers di Indonesia

M19News, Jakarta – Rapat persiapan pembentukan Asosiasi Media Siber Nasional (ASMEN) telah berlangsung beberapa kali.

Kali ini, rapat dilakukan di Manggar Resto, Jl. H. Agus Salim Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Maret 2022 yang dihadiri para penggagas.

Hadir wartawan senior dari berbagai media antara lain Aris Sudrajat dari DoetaNews, Pemimpin Umum M19News, Agusta Marzall, Ari Kusumadi Susila dari Analisnews, Hanum Tizan dari PWRCPK, dan sejumlah pemimpin Redaksi Media lainnya.

Dalam suasana santai, rapat dipimpin langsung oleh Agusta Marzall dan dilanjutkan pemaparan dan diskusi dari peserta rapat

“Alhamdulillah, adapun agenda rapat kali ini, dilaksanakan dalam rangka menyusun rancangan beberapa kegiatan program-program kerja organisasi ASMEN kedepannya, “ujar Agusta

Agusta lebih lanjut mengatakan, pembahasan rapat hari ini tentang persiapan launching organisasi ASMEN dan menyusun strukturalnya dan tupoksinya masing-masing, termasuk juga pembahasan masalah AD/ART organisasi.

Menurutnya, pembentukan ASMEN sebagai wadah berhimpun beberapa perusahaan pers dan wartawan dilandasi semangat persatuan dari para insan pers Indonesia.

Di sisi lain, kata Agusta, ASMEN juga memberikan perlindungan hukum bagi teman-teman wartawan dalam hal melawan segala tindakan kriminalisasi terhadap para wartawan dan juga menentang keras segala tindakan oknum-oknum atau semua pihak yang menghambat kebebasan tugas jurnalistik.

Seluruh peserta rapat aktif memberikan ide, gagasan dan pandangannya untuk lahirnya ASMEN.

Sementara itu, Pemimpin Umum Media Analisnews, Ari Kusumadi Susila menyampaikan terimakasih kepada rekan-rekan wartawan dan pimpinan media yang telah menyempatkan diri hadir dalam rapat pembentukan ASMEN.

“Hadir organisasi Pers bernama ASMEN, ini sangat penting sekali di antaranya untuk Mengakomodir seluruh media online hari ini dan juga memberikan pendampingan, perlindungan kepada teman-teman wartawan terkait masalah hukum,” ungkapnya.

Program kerja ASMEN ke depan, lanjut Ari dengan membuat AD/ART organisasi.

Ari juga memaparkan dalam waktu dekat akan mengundang para wartawan di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kelurahan maupun desa, RT/RW untuk bergabung dengan ASMEN.

Selanjutnya, kata Ari ASMEN akan menjalin kerjasama dengan instansi-instansi terkait.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Redaksi M19NEWS Moh Hatta Tahir mengatakan, “Pembentukan ASMEN ini positif sebagai tempat berhimpun atau wadah menyalurkan aspirasi teman-teman wartawan dan juga bagi perusahaan media yang ada.

Dia berharap ASMEN bisa memperjuangkan aspirasi-aspirasi wartawan dan melindungi dan membantu secara hukum maupun pelatihan bagi para anggotanya.

“Menjadi payung hukum dan juga memperhatikan kesejahteraan bagi wartawannya. Asosiasi wartawan juga sebagai Asosiasi perusahaan media, dan wartawan. Kami akan merekrut wartawan di seluruh Indonesia, tidak hanya merekrut tetapi juga akan memberikan pelatihan tentang dasar-dasar dan kaidah jurnalistik ,” tandasnya.

Reporter : Haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250