banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250
POLRI  

Unit Penjinak Bom Sub Detasemen 1 Gegana Satbrimob Polda Banten Menggelar Latihan Penjinakan Bom

M19NEWS, Banten – Personel, Unit Penjinak Bom (Jibom) Sub Detasemen (Subden) 1 Gegana Satbrimob Polda Banten menggelar latihan penjinakan bom di Satbrimob Polda Banten, pada Sabtu, 05 Maret 2022.

Pelatihan materi tentang dasar hukum penjinakan bom kepada seluruh personel Subden I Gegana dipimpin Brigadir Siswo.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan, “Pelatihan Jibom oleh Subden I Gegana rutin dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas dalam menjinakan bom yang menjadi tugas pokok Gegana.”

Dwi yanto nugroho menambahkan, bahwa penjinak bom yang di singkat Jibom merupakan salah satu unit yang ditempa dengan kemampuan khusus yang dimiliki oleh Satuan Brimob di seluruh indonesia.

“Dalam pergerakan unit Jibom terdiri dari 10 personil dan dipimpin oleh kepala unit, dari 10 personel tersebut mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda dalam proses penjinakan bom sehingga masing-masing personel harus mengetahui apa yg menjadi tugasnya dan mahir dalam tigas tersebut sehingga bisa sukses dalam menjinakan bom,” ujar Dwi.

Dwi berharap dengan sering dilatihkan personel cepat tanggap dan mampu menjalankan tugas. “Dalam proses penjinakan bom personel harus mahir dan teliti sehingga dalam pelatihan ini saya berharap semua mengikutinya dengan sungguh-sungguh sehingga dalam pelaksanaan tugas tidak ada yang menjadi korban atas kelalaian penganannya,” terang Dwi Yanto Nugroho.

Latihan tentang kegunaan alat dan Standar Oprasional Prosedur (SOP) penanganan Penjinakan Bom.

“Dalam latihan ini personel kembali diingatkan bagaimana menggunakan alat deteksi dan alat penjinakan serta melaksanakan tugas sesuai dengan SOP sehingga dalam pelaksanaan tugas tidak bingung dan mampu menjinakan bom tanpa ada korban baik dari personel maupun dari masyarakat,” tutup Brigadir Siswo.
(Atril)
Sumber : Humas Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250