banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

ASMEN Gelar Rapat Perdana via Zoom Meeting dengan Agenda Rapat Koordinasi dan Konsolidasi

M19News, Jakarta — Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Jajaran Pengurus dan anggota Asosiasi Media Siber Nasional (ASMEN) terlaksana dengan baik, Minggu (13/3/2022), siang.

Rapat dilaksanakan secara virtual, diikuti 52 pengurus dan anggota ASMEN, Rapat dibuka oleh Sekjen ASMEN Ari Kusumadi Susilo.

Rapat diawali oleh pemaparan Sekjend ASMEN. Dalam pemaparannya, Ari Kusumadi Susilo menyajikan data, nama-nama jajaran pengurus dan anggota serta menjelaskan fungsi dan tugas departemennya Masing-masing.

Menurut Ari, “Langkah organisasi menggelar rapat ini untuk koordinasi sekaligus konsolidasi dengan jajaran pengurus dan anggota, agar setiap anggota organisasi memahami tentang ASMEN itu sendiri, memiliki fungsi dan tugasnya disetiap departemen masing-masing.

Lebih lanjut, Ari memaparkan visi dan misi ASMEN (Asosiasi Media Siber Nasional), sasaran target nya menguasai wartawan di seluruh pelosok Indonesia, satu RT dan RW, satu wartawan tiap-tiap kelurahan atau tiap-tiap desa.

Masih dalam zoom meeting, sekjend mengatakan lahir organisasi ASMEN, tentu punya latar belakang dari ide, gagasan dan pandangan para Pemimpin umum media, Pimpinan Redaksi, teman jurnalis dan wartawan, jadi lahirnya ASMEN sebagai organisasi payung perusahaan media pers online, akan dikembangkan hingga tingkat kelurahan, desa, tiap-tiap RT/RW satu wartawan. Dengan demikian, jaringan informasi akan semakin luas, menjangkau pelosok tanah air, “jelas Ari.

“Asmen adalah Wadah Pemersatu, sebagai wadah untuk berhimpun mempersatukan visi, misi dan kekuatan media yang ada di Indonesia serta sebagai pendukung utama langkah dan gerak dalam mencapai kejayaan bersama.

Sambungnya, “Media dan Wartawan adalah sebagai Pilar Demokrasi, Kontrol Sosial, Penegak Disiplin Pemerintahan dan dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh UU PERS no 40 Th 99 jelas di Pasal 18 barang siapa yang dengan sengaja menghambat/menghambat tugas jurnalistik pidana 2 tahun dan atau dengan 500juta. Hal ini menggambarkan betapa kuatnya posisi wartawan, “katanya.

Media juga memiliki Struktur Organisasi yang menyerupai struktur organisasi pemerintahan Lengkap dari Tingkat Kepala Perwakilan Wilayah, Kepala Biro Kabupaten/Kota, Kepala Biro Kecamatan, Kepala Biro Desa, hingga tingkat RT/RW, ” Ungkap Ari.

Dia juga menjelaskan Visi dari organisasi ASMEN, “Dengan kekuatan media dan wartawan yang dilindungi UU dan Struktur Organisasi sampai tingkat RT/RW tersebut, kita dapat memajukan dan mengembangkan media di Indonesia, ” Kata Ari.

Selain visi Organisasi, Ari juga menjelaskan juga tentang Misi dari ASMEN yakni :

1. Asmen sebagai Wadah Pemersatu, sebagai wadah untuk berhimpun mempersatukan visi, misi dan kekuatan media yang ada di indonesia serta sebagai pendukung utama langkah dan gerak dalam mencapai kejayaan bersama..

2. Grand Design kami akan menguasai dan memajukan media melalui jurnalistik dengan melakukan Perekrutan Anggota sampai Tingkat RT/RW secara massif Sebagai “cara kekinian JURNALIS WARGA” yang aman dan legal merekrut sampai tingkat RT/RW.

3. Asmen sebagai Corong Publikasi Masif dari seluruh kekuatan media yang ada diindonesia, secara bersama mempublikasikan seluruh baik dari instansi pemerintah maupun swasta, bersinergi dengan Koordinator liputan seluruh Indonesia dan Media media mainstream/Media Besar Nasional.

4. Grand Design ASMEN terus mengembangkan dan memajukan media di Indonesia, tatkala kita sudah memenuhi JURNALIS WARGA sampai tingkat RT RW. Dimana jurnalis kita juga sebagai garda garda terdepan dalam peliputan nya sampai ketingkat RT RW. Dengan mobilisasi rekan rekan dan keluarga jurnalis jurnalis tersebut.

5. ASMEN akan menerima dukungan dan support dari semua kalangan baik tokoh politik, pejabat negara, publik figur seperti artis sebagai Anggota Kehormatan ASMEN, yang akan menjadi Pendukung ASMEN dalam gerak dan langkah.

6. ASMEN akan memberikan Pendidikan Jurnalistik kepada seluruh masyarakat di pelosok Indonesia secara rutin berkala untuk peningkatan kapasitas jurnalistik bagi Jurnalis Warga.

7. ASMEN akan menjalin hubungan kemitraan dengan Instansi Pusat dan Daerah, TNI, POLRI, Kominfo untuk di publikasikan.

8. Membantu dalam publikasikan sebagai sosial control mengenai Pilpres, PILKADA, dan PILEG.Serta bersinergi dengan Lembaga Survey Nasional lainnya.

9. Fokus Peningkatan Profit Oriented Untuk kesejahteraan bersama, Fokus kepada system closing Paket Iklan Views, Paket Iklan Jumlah Berita, dengan membentuk divisi Bisnis marketing Digital Publik Relation.

Diakhir pemaparan, Ari menyampaikan, “terimakasih kepada pemimpin umum media, pimpinan redaksi, teman jurnalis dan wartawa, untuk pertemuan selanjutnya kita adakan rutin secara berkala, tutupnya.

Ketum ASMEN, Agusta Marzall mengucapkan ” terimakasih juga kepada pimpinan, pengurus dan anggota ASMEN, teman-teman wartawan yang hari ini hadir di zoom meeting bisa meluangkan waktunya, saat ini saya yang ditunjuk sebagai ketua umum ASMEN, ingin menyampaikan, “bahwa nama-nama yang ada di struktural pengurus dan anggota merupakan pilihan atau referensi dari pimpinan masing-masing kabiro di lima kota, ” kata Agusta.

Sambung, dia menambahkan, “Apa yang disampaikan oleh sekjend dalam pemaparan tentang visi, misi dan arah tujuan dari ASMEN, itulah tujuan kita bersama untuk membangun dan memajukan media khususnya dibawa naungan organisasi kita semua yaitu ASMEN, “terang Agusta.

Selain itu, saya berharap pengurus dan anggota ASMEN tetap solid dan kompak dalam menjalankan roda Organisasi kita kedepan nya nanti, dengan kebersamaan bisa mencapai tujuan kita dengan sukses dan kejayaan sebagai yang disampaikan oleh sekjend, “tutup Agusta Marzall.

Hal yang sama juga disampaikan kepala koordinator departemen Diklat, M. Hatta Tahir menambahkan, “ASMEN ini lahir sebagai tempat berhimpun atau wadah menyalurkan aspirasi teman-teman wartawan dan juga bagi perusahaan media yang ada.” Saya juga berharap ASMEN bisa memperjuangkan aspirasi-aspirasi wartawan dan melindungi dan membantu secara hukum maupun pelatihan bagi para anggotanya.

“Menjadi payung hukum dan juga memperhatikan kesejahteraan bagi wartawannya. Asosiasi wartawan juga sebagai Asosiasi perusahaan media, dan wartawan. Kami akan merekrut wartawan di seluruh Indonesia, tidak hanya merekrut tetapi juga akan memberikan pelatihan tentang dasar-dasar dan kaidah jurnalistik ,”kata Hatta.

Lanjut ia menambahkan, “terkait dengan visi misi dari ASMEN yang dipaparkan oleh sekjend tadi mungkin bisa kita sedikit koreksi bersama menyangkut kaidah dan tata bahasa, bisa kita diskusi bersama lagi, ” tandasnya.

(Red.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250