banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

ASMEN Gelar Webinar Pelatihan Jurnalistik Perdana untuk Calon Jurnalis

M19News, Jakarta – Asosiasi Media Siber Nasional (ASMEN) sukses menyelenggarakan webinar perdana Pelatihan Jurnalistik, pada Minggu 3 April 2022.

Kegiatan daring yang diikuti tidak kurang dari sembilan puluh wartawan dan calon wartawan dari berbagai daerah di Indonesia itu berlangsung penuh interaktif.

Webinar dibuka oleh Ketua Umum ASMEN, Agusta Marzall, S.T yang hadir bersama Ari Kusumadi Susilo, Bsc. Kom selalu Sekjen ASMEN.

“Kegiatan yang digelar ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara ASMEN dengan beberapa media dan wartawan” kata Agusta Marzall.

Lanjut Agusta menyebutkan, “Pertemuan Asmen, sudah yang ketiga kalinya, diharapkan webinar kali ini memberikan keilmuan, khusus nya kepada wartawan pemula, nanti kita ikuti dan simak materi yang akan disampaikan oleh pemateri.”

Hal lain yang perlu dipahami oleh peserta kata Agusta adalah berita yang dibuat harus berdasarkan fakta bukan opini wartawan. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.

Dia juga menyampaikan, sebagai wartawan harus mampu percaya diri namun juga mengurangi rasa tinggi hati.

Sementara selaku pemateri pada kesempatan webinar tersebut adalah Moh Hatta Tahir, seorang praktisi media dan juga peneliti media. Ia juga merupakan Pemimpin Redaksi M19NEWS.

Latar belakang pendidikan narasumber adalah Sarjana
Ilmu komunikasi dan Broadcasting di salah satu Perguruan Tinggi di Indramayu, Jawa Barat.

Dia memaparkan tentang dasar-dasar jurnalistik, kode etik jurnalis dan pengalamannya sebagai seorang jurnalis.

Menurutnya, Pers memiliki fungsi antara lain memberi informasi, mendidik, mengibur serta melakukan kontrol sosial (pemerintah) sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir di dalam menjalankan tupoksinya.

Dia mengajak para wartawan dan calon wartawan untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan (skill) menulis berita sehingga mampu bekerja secara profesional dan berkualitas.

Seorang jurnalis, kata Hatta harus mampu bersikap independen artinya dalam membuat berita, wartawan tidak bisa ditekan oleh siapapun bahkan oleh pemilik media itu sendiri.

Dia menegaskan bahwa wartawan tidak bisa netral atau tidak memihak sebab keberpihakan wartawan adalah pada kebenaran.

“Wartawan tidak netral tapi independen. Seperti kendaraan di posisi netral (transmisi) maka tidak bisa kemana-mana. Wartawan memihak pada kebenaran,” ungkapnya.

Dalam webinar pelatihan jurnalistik tersebut, narasumber menyampaikan materi dengan visualisasi menarik sehingga mudah dipahami peserta webinar.

Pada sesi akhir, dilakukan sesi interaktif dengan tanya jawab di antaranya pertanyaan dari peserta yang berasal dari Papua, Palembang dan kota-kota lainnya.

Webinar dimulai pada pukul 13.30 dan berakhir pada 15.30 wib.

Acara webinar Pelatihan jurnalistik bagi puluhan wartawan yang diadakan selama lebih kurang empat jam, resmi ditutup oleh Dewan Pembina Asmen, Suparman, S.Pd.I, S.Sos.,M.M.

Dalam acara penutupan, Suparman mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam webinar dan peserta yang telah mensponsori kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik.

“Karena itu diharapkan untuk webinar selanjutnya, sebelum dilaksanakan acara terlebih dahulu untuk segera mendaftar, sebab webinar ini kapasitas zoom meetingnyya terbatas ,” tutup Suparman seraya mengharapkan wartawan yang ikut webinar nantinya bisa bertambah.

Reporter : Haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250