Example 728x250
Sosial  

Peduli Disabilitas, Perum PPD Berpartisipasi Dalam Pekan Olahraga Rumah Autis

M19NEWS, Jakarta – BUMN Transportasi Darat Perum PPD secara penuh memfasilitasi keperluan transportasi ramah disabilitas untuk seluruh peserta dan pendamping PORA (Pekan Olahraga Rumah Autis) 2022 dalam rangka memperingati hari Disabilitas Sedunia yang jatuh pada tanggal 3 Desember.

PORA diselenggarakan oleh Rumah Autis Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah (Cagar Foundation) cabang Tanjung Priuk pada Selasa 13 Desember 2022 dan diikuti oleh para peserta dari beberapa cabang yang ada di Jabodetabek.

PORA adalah ajang kompetisi tahunan yang mengajak anak-anak penyandang disabilitas untuk berkompetisi dalam ajang olahraga tahunan Rumah Autis Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah.

Kegiatan ini digelar sebagai wadah terciptanya inklusivitas dimana anak berkebutuhan khusus dapat hidup beriringan bersama yang lainnya dengan merasakan fasilitas-fasilitas yang ada di ruang terbuka umum. Selain itu, kegiatan yang sudah rutin dilakukan setiap tahunnya ini memiliki manfaat yang sangat besar karena dapat memacu jiwa kompetitif tiap siswa. Kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa berempati antar masyarakat untuk lebih peduli dan menghargai keberadaan anak berkebutuhan khusus.


“Perum PPD menjunjung nilai keberagaman, dimana setiap individu berhak mendapatkan kesempatan yang sama. Oleh karena itu, Perum PPD kembali membuktikan komitmennya dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini dimana nilai inti harmonis dan kolaboratif menjadi pedoman kami dalam keikutsertaan dalam acara PORA 2022 ini,” ujar Sekretaris Perusahaan Perum PPD, Chrissma Sulistyana.

Dikatakan Chrissma, partisipasi Perum PPD dalam kegiatan ini sebagai wujud menjunjung nilai inklusivitas, implementasi dari nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang dicanangkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

“Penyandang disabilitas punya hak yang sama dengan semua orang. Kami dari Perum PPD berharap agar kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang berkelanjutan, tidak hanya dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Sedunia saja, namun dukungan dan support seperti ini bisa dilakukan kapan saja sebagai wujud equal treatment dalam kehidupan sehari-hari,” terang Chrissma.

Fetti, salah satu Orang Tua anak berkebutuhan khusus menuturkan sangat senang dengan diadakannya kegiatan rutin tahunan seperti ini.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk memicu rasa ingin berlomba dari anak-anak kami, kegiatan seperti ini bisa membuat anak-anak kami merasakan apa yang anak lain rasakan di luar sana. Terima kasih banyak untuk PPD sudah ikut berpartisipasi dan membantu kegiatan positif seperti PORA 2022 ini,” ungkap Fetti dengan penuh rasa haru.

 

*Perum PPD Serap Karyawan Disabilitas*

Sejauh ini sekitar 2% karyawan penyandang disabilitas (tuna daksa) dari total keseluruhan karyawan tetap telah menjadi bagian dari keluarga besar Perum PPD.

Perum PPD memberikan kesempatan luas bagi penyandang disabilitas dengan ditempatkan di berbagai bidang antara lain pelayanan pelanggan, operasi, teknik, dan pekerjaan umum.

Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) merupakan perusahaan milik pemerintah di bidang transportasi umum darat yang menjadi embrio dan pioneer perkembangan angkutan bus di Jakarta.

Perum PPD memiliki beberapa SBU (Sub Bisnis Unit) terdiri dari SBU Transbusway, SBU Pemeliharaan dan Perbaikan bus, SBU Transjabodetabek, SBU Aset dan Logistik, SBU Trans PPD MAC.

Sebagai raja jalanan Perum PPD terus mengembangkan sayap bisnis layanannya, hingga saat ini Perum PPD melayani masyarakat dengan pelayanan Jabodetabek Residence Connexion, Jabodetabek Airport Connexion, Busway, Amari, Pariwisata, dan Karyawan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *