Example 728x250

Dandim Klaten Ikut Resmikan Puskesmas Cawas II bersama Bupati

M19News.com–Klaten–Bupati Klaten, Sri Mulyani bersama Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo dan Forkompimda meresmikan gedung baru Puskesmas Cawas II di Desa Japanan, Kecamatan Cawas, Kamis (12/1/2023).

Gedung baru tersebut melengkapi layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Cawas II hingga perbatasan Kabupaten Sukoharjo. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung dan pemotongan tumpeng. Peresmian dilanjutkan dengan pemotongan pita melati sebagai penanda dibukanya layanan di gedung baru Puskesmas Cawas II.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sri Mulyani meminta jajarannya, khususnya Dinas Kesehatan Klaten, untuk memperhatikan fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kabupaten Klaten. Hal ini lantaran fasilitas kesehatan merupakan salah satu wajah pemerintah daerah yang menjadi cerminan dari layanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Dengan pembangunan gedung layanan di Puskesmas, tentu manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat. Jika fasilitas di layanan kesehatan yang bersinggungan dengan masyarakat seperti puskesmas saja diperhatikan dan ditingkatkan, sudah pasti layanan rumah sakit daerahnya juga harus meningkat, karena ini merupakan wajah Klaten,” paparnya.

Bupati juga mengapresiasi selesainya pembangunan gedung layanan Puskesmas Cawas II. Hal ini mengingat Puskesmas Cawas II bukan hanya melayani masyarakat di wilayah kerjanya, namun juga masyarakat di wilayah perbatasan Kabupaten Klaten dan Sukoharjo.

“Saya bersyukur Puskesmas Cawas II menjadi salah satu prioritas pembangunan di Klaten. Karena yang merasakan manfaatnya bukan hanya masyarakat Cawas, namun juga masyarakat Kabupaten Sukoharjo karena letak Puskesmas Cawas II berada lokasi yang strategis, yaitu di perbatasan Klaten-Sukoharjo,” ungkapnya.

Komandan Kodim 0723 Klaten juga sangat senang atas terbangunya gedung layanan Puskesmas di Cawas tersebut. Dirinya juga berharap dengan gedung baru tersebut dapat menambah mutu pelayanan kesehatan diwilayah kecamatan cawas.

“semoga gedung ini bermanfaat bagi masyarakat yang akan berobat ke Puskesmas, “ungkap Dandim.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo mengatakan pembangunan gedung layanan baru Puskesmas Cawas II menggunakan APBD 2022 bersumber Dana Bagi Hasi Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Total anggaran mencapai Rp 2,4 miliar.

Di tahun 2022, DBHCHT Kabupaten Klaten untuk bidang kesehatan dialokasikan untuk pembangunan 2 Puskesmas, Puskesmas Kalikotes dan Puskesmas Cawas II. Selain itu, juga dialokasikan untuk pengadaan 9 unit ambulans untuk 9 Puskesmas di Kabupaten Klaten. (maman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *