POLRI  

Dramatis, Aksi Heroik Tim SAR Brimob Batalyon D Pelopor Satbrimob PMJ Evakuasi Warga Terjebak Banjir

M19news, BEKASI – Sejumlah warga yang terjebak banjir berhasil dievakuasi aparat Brigade Mobile (Brimob) Polri yang bertugas di Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya yg tergabung di Team SAR Batalyon D Pelopor.

Aksi heroik anggota Brimob berlangsung sejak Sabtu, 25 Februari 2023 hingga Senin, 27 Februari 2023 di dua titik banjir Kabupaten Bekasi, yakni Desa Tanjung Sari Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi dan Perum Puri Nirwana, Desa Sukakarya, Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan pantauan awak media, sejumlah anggota Brimob menemukan banyak anak kecil, ibu-ibu dan orang tua renta terlihat ketakutan akibat banjir melanda perkampungannya.

Mereka khawatir banjir yang melanda wilayahnya disusul bencana banjir bandang 6 meter yang diramalkan akan melanda Jakarta.

Sejumlah anggota Brimob Batalyon D Pelopor terlihat berusaha menenangkan warga dan melakukan aksi penyelamatan berbekal perahu karet.

Aksi tersebut berlangsung cukup dramatis karena sebagian korban yang dibopong anggota Brimob ke perahu karet kondisinya labil.

Namun kondisinya mulai terlihat stabil setelah anggota berupaya menenangkan korban dan mengevakuasi ke Posko Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya dan lokasi lainnya yang dinilai aman.

“Aksi kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian Polri untuk melayani masyarakat yang terdampak banjir di wilayah Kabupaten Bekasi dan sekitarnya,” ucap Komandan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya AKBP Budi Prasetya, melalui Wadanyon AKP Imron, kepada awak media, Senin, 27 Februari 2023 pagi.

Dalam aksi tersebut, lanjutnya, Tim SAR Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda Metro Jaya melaksanakan evakuasi, membangun Posko SAR Brimob dan membagikan bahan makanan untuk pengungsi.

“Selain melaksanakan evakuasi kepada korban banjir, kita membangun Pos SAR dan memberikan bantuan ke para pengungsi berupa pembagian makanan hasil masakan dapur umum sebanyak 200 bungkus nasi, dengan lauk Ikan sarden dan mie goreng,” kata AKP Imron.

Pembagian makanan tersebut, kata AKP Imron, merupakan sumbangsih dari Dinas Sosial Kabupaten Bekasi dan bantuan logistik dari Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda Metro Jaya.

“Kita harus saling bahu membahu kerja bersama-sama. Tentunya mencegah jatuhnya korban jiwa jadi prioritas utama,” ucap Danyon D Pelopor Akbp Budi Prasetya,S.I.K.M.si.

Usai melakukan penyelamatan di wilayah Cikarang Utara, petugas membagi personil untuk melanjutkan evakuasi korban banjir di Perum Puri Nirwana, Desa Sukakarya, Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi.

Diketahui, Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya mengerahkan 9 personil SAR yang dipimpin langsung Komandan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya AKBP Budi Prasetya, S.I.K., M.Si dan Wadanyon AKP Imron, S.H., M.si. (Ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *