Example 728x250
Startup konservasi hutan asal Kota Semarang, LindungiHutan, telah menanam 744.562 pohon di 40 lebih lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia.

Angka tersebut menjadi bukti bahwa upaya pelestarian hutan di Indonesia masih ada dan akan terus ada. Sekaligus, menjadi pelecut yang dapat membangkitkan optimisme bersama agar ke depannya makin banyak inisiatif baik lainnya demi masa depan bumi yang lebih baik.

Menanam lebih dari 700.000 pohon menurut saya adalah hasil kerja keras semua tim LindungiHutan dan hubungan baik Mitra Petani di lapangan yang membantu penanaman dan monitoring di lapangan sekaligus bukti komitmen serta konsistensinya LindungiHutan, jadi apresiasi terbesar untuk teman-teman di dalam LindungiHutan, mitra LindungiHutan, sekaligus orang-orang yang percaya sama LindungiHutan semoga kami bisa membawa tanggung jawab itu ke sesuatu yang lebih baik,” Ujar Miftachur ‘Ben’ Robani, CEO LindungiHutan.

Harapannya penanaman pohon bisa memiliki dampak domino terhadap kebaikan bumi, masyarakat, hingga perekonomian. Sejak awal, LindungiHutan berkomitmen untuk menciptakan keberlanjutan melalui aksi penanaman pohon. Kami ingin semua orang bisa dengan mudah menanam pohon dan menciptakan dampak baik. Melalui upaya yang mudah ini, ada dampak luar biasa yang tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan.

Awal kehadirannya, LindungiHutan memang ditujukan sebagai sebuah platform yang mewadahi publik untuk ikut menanam pohon dengan mudah dan transparan. Pada tanggal 18 Desember 2016, LindungiHutan pertama kali menanam pohon hasil dari Kampanye Alam bersama Kelompok CAMAR di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

Detail keberhasilan penanaman LindungiHutan Kini, LindungiHutan mencatat ada lebih dari 744.562 lebih pohon berhasil ditanam. Penanaman tersebut berimbas baik kepada 400 ton CO2Eq yang terserap. Sebagaimana kita ketahui bersama, pohon menyerap emisi karbon untuk kemudian ditukar menjadi oksigen.

Bahkan, beberapa jenis tanaman seperti mangrove memiliki kemampuan serapan emisi karbon yang besar. Tak heran, pemerintah menggalakan penanaman dan rehabilitasi hutan mangrove sebagai salah satu upaya untuk menekan emisi karbon yang tinggi.

Penanaman 700.000 lebih pohon ini tentu tak dilakukan sendiri. Dalam prosesnya kami berkolaborasi dengan berbagai banyak pihak yang memiliki komitmen dan dedikasi terhadap pelestarian lingkungan. Kami menggandeng petani dan kelompok tani setempat yang membantu penanaman hingga monitoring pohon di tiap-tiap lokasi. Total, ada 118 mitra petani yang membantu LindungiHutan.

Prosesi penanaman Mangrove oleh Mitra Petani Kami tidak ingin hanya berhenti di menanam pohon. Kami pastikan pohon tersebut tumbuh baik dan bisa memberikan manfaatnya dengan maksimal.

Di sisi lain, penanaman pohon ini diharapkan juga mendatangkan nilai-nilai ekonomis untuk petani, nelayan, maupun masyarakat setempat.

Selain petani, LindungiHutan juga berkolaborasi dengan 482 perusahaan maupun brand dari berbagai sektor. Kehadirannya turut berkontribusi memberikan dukungan dalam kegiatan konservasi hutan yang kami lakukan.

Ceremony penanaman Mangrove oleh BAF di Ekowisata PIK Mangrove Nama-nama seperti Somethinc, BAF, BFI Finance, Tokopedia, Pupuk Indonesia, Hino finance, hingga DBS Bank turut menemani perjalanan LindungiHutan dalam bersama menghijaukan Indonesia.

Semoga ke depannya, makin banyak inisiatif serta kolaborasi untuk lingkungan dan bumi yang lebih baik. Karena kami percaya, semua orang punya peran pentingnya masing-masing! Mari #BersamaHijaukanIndonesia!

About LindungiHutan
LindungiHutan start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Telah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Kementerian Sosial sejak tahun 2018. Menjadi fasilitator yang menghubungkan seluruh pihak berkepentingan dalam aksi penghijauan, melalui platform lindungihutan.com, kini sebanyak 720 ribu pohon berhasil tertanam dan sebanyak 481 brand/perusahaan telah menjalin kolaborasi. Memiliki lokasi penanaman di 47 lokasi di Indonesia, dengan ceritanya masing-masing yang akan semakin menambah nilai dari kolaborasi yang diciptakan. Mulai dari program The Green CSR, program Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset. Selain dari pada kegiatan penghijauan, saat ini LindungiHutan juga sedang dalam proses untuk menciptakan sebuah program baru di bidang non-planting. Hadir melalui berbagai kanal, mulai dari email di partnership@lindungihutan.com, akun Linkedin LindungiHutan, serta akun Instagram @lindungihutan.
Contact
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Intan Widianti Kartika Putri
Head of Partnership
Email: kartika@lindungihutan.com
Phone: +62 823-2901-5769
LindungiHutan
Jl. Lempongsari I No. 405, Lempongsari, Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231
Website: https://lindungihutan.com/
Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *