Example 728x250

Kodim 1607/Sumbawa Tingkatkan Silaturahmi dan Keimanan dengan Buka Puasa Bersama dan Ceramah Agama

Sumbawa Besar|NTB – Guna mempererat tali Silaturahmi dan Meningkatkan Keimanan, Kodim 1607/Sumbawa melakukan kegiatan buka puasa bersama bertempat bertempat di Markas Kodim 1607/Sumbawa, Selasa (02/04/2024).

Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota Kodim 1607/ Sumbawa beserta keluarga serta tamu undangan. Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Dea guru H. Ahmad Jama’an M.Y.

Dalam ceramahnya, Ustadz Dea guru H. Ahmad Jama’an M.Y. menyampaikan Memberikan makanan berbuka puasa dapat memberikan pahala yang besar dan sangat dianjurkan dalam Islam, karena selain sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, kegiatan ini juga turut menghadirkan kebahagiaan bagi sesama yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Dalam hadis disebutkan bahwa siapa saja yang memberikan makanan berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sendiri. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kebaikan dalam diri kita dengan berbagi rejeki kepada sesama di bulan suci Ramadan”. Terang Ustadz

Ustadz juga menyampaikan tentang Malam Lailatul Qadar, dimana malam Lailatul Qadar merupakan malam yang diharapkan dan sangat istimewa bagi umat Islam, karena di malam ini segala amalan ibadah yang dilakukan akan bernilai sama dengan ibadah yang dilakukan dalam seribu bulan.

“Sebagai umat Islam yang menjunjung ajaran Rasulullah SAW, mari kita ikuti sikap teladan beliau dalam memaksimalkan intensitas dan keseriusan dalam ibadah. Di hari-hari terakhir inilah kita perlu meningkatkan ibadah kita, baik itu salat, membaca Al-Quran, berzikir dan berdoa, maupun sedekah sehingga kita dapat meraih ampunan-Nya dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan sepenuh hati dan jiwa yang tenang.” Jelas Ustadz

Dalam ceramahnya juga, Ustadz mengingatkan untuk menunaikan zakat fitrah sebagai bagian dari kewajiban ibadah di bulan suci ini. Zakat fitrah harus dikeluarkan sebagai bentuk penyeragaman ekonomi dan untuk memastikan bahwa fakir miskin dan kaum dhuafa dapat merayakan hari raya dengan penuh kebahagiaan serta kecukupan.

Di akhir kegiatan, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan S.E., M.Han. menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota Kodim 1607/Sumbawa serta meningkatkan keimanan dalam menjalankan ibadah puasa.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh anggota Kodim 1607/Sumbawa. Semoga kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama dan meningkatkan keimanan kita dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini.” Ucap Dandim

“Selain itu, saya juga berharap semoga kita semua dapat memanfaatkan momen bulan suci Ramadan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas ibadah dan memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga kita semua dapat meraih keberkahan, rahmat, dan ampunan Allah SWT di bulan suci Ramadan ini.” Tutup Dandim

Penulis: Pendim 1607Editor: 1607

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *