banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Kastri Sukses Gelar Bazar Minyak Goreng Tahap Pertama 24 Ribu Liter, Lanjut Bazar Minyak Goreng Kedua Dengan Jumlah 36 Ribu Liter

M19News, Kota Bekasi – Sebagai produsen kelapa sawit terbesar dunia, Indonesia kesulitan mengatasi masalah domestik terkait harga dan pasokan minyak goreng yang bahan bakunya melimpah.

Tren kenaikan harga crude palm oil atau minyak sawit mentah menjadi awal persoalan. Meroketnya harga CPO ini tak urung membuat kekhawatiran minyak goreng menjadi makin langka di pasar domestik.

Kaitan dengan kelangkaan minyak goreng terutama jelang ramadhan 2022, Mabes Polri memastikan ketersediaan kebutuhan pokok aman. Untuk itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Satgas Pangan Mabes Polri, ke PT. Mikie Oleo Nabati Industri Kota Bekasi dan Beberapa pabrik lainnya. Pada kesempatan itu Kapolri menghimbau kepada stakeholder terkait mulai dari perusahaan, produsen, perusahaan CPO sebagai bahan baku dan masyarakat yang melakukan distribusi untuk berjalan seperti biasa agar tidak terjadi kelangkaan seperti yang telah terjadi akhir-akhir ini.

Seperti yang disampaikan Kapolri bahwa Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok yang ketersediaan dan harganya perlu dijaga, terutama menjelang bulan Ramadan. Untuk itu, Kesetaraan Aliansi Kota Patriot (Kastri) mengadakan Bazaar Rakyat di berbagai tempat di Kota Bekasi. Seperti Bazar tahap ke-2 Minyak Goreng yang dilakukan Kastri di lapangan Masjid Alghufron, Perumahan Margahayu Blok B RW. 20 kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (17/3/2022)

Menurut Satwoko Hapsoro, Ketua Panitia Bazar, bahwa pihak Kastri sudah menggelar bazar minyak goreng ini yang kedua, Bazar pertama menyiapkan 24 ribu liter minyak goreng, 19 ribu liter merk Rizki dan 5 ribu merk Tropical yang dijual dengan harga empat belas ribu rupiah perliternya.
Dan hari ini Bazar yang ke-2 dengan menyiapkan 36 ribu liter dengan merk Rizki.

Acara Bazar pasar murah minyak goreng ini, sangat menarik antusias warga yang memadati lokasi bazar untuk membeli minyak goreng dengan harga empat belas ribu rupiah, kegiatan ini sendiri bertujuan untuk membantu masyarakat ditengah tengah mahalnya harga minyak goreng.

“Kami menyiapkan 24 ribu liter bazar pertama yaitu tanggal 5 maret dan habis. minyak goreng tetap dijual dengan harga empat belas ribu rupiah perliternya.
Dan hari ini kami siapkan 36 ribu liter minyak goreng.
Alhamdulillah acara Bazar pasar murah minyak goreng ini, sangat menarik antusias warga yang memadati lokasi bazar untuk membeli minyak goreng dengan harga empat belas ribu rupiah, kegiatan ini sendiri bertujuan untuk membantu masyarakat ditengah-tengah mahal dan langkanya harga minyak goreng,” kata Satwoko.

Lanjutnya,” Pendistribusian minyak goreng ada dibeberapa lokasi, dengan lokasi yang berbeda dan jumlah permintaan minyak goreng yang berbeda jumlahnya. Adapun di lapangan masjid Alghufron ini sebagai posko saja.” Jelasnya.

“Untuk pendistribusian minyak goreng dengan jumlah besar menurut Satwoko dengan menggunakan dua cara yaitu online dan langsung.

“Strategi kita untuk menghindari penumpukan yaitu sebelum melaksanakan kegiatan, kita sebar informasi dengan melibatkan para kader untuk mendata di wilayahnya RW mana yang membutuhkan, setelah terdata diadakan pembayaran. Kemarin dan hari ini semua kita distrubusikan ke lokasi yaitu melalui perwakilan-perwakilan yang hadir. Itu semua sengaja kami lakukan begitu supaya tidak bergerombol, karena situasi pandemi seperti saat ini sangat rawan tentunya kita harus hati-hati. Itu strategi online yang kita lakukan, selain itu di posko ini kami juga melayani pembelian langsung tentunya dengan jumlah yang kami batasi, dengan semua tetap mematuhi protokol kesehatan,” tegas Satwoko.

Menurut Satwoko Selain bazar minyak kastri memiliki program-program yang nanti akan dibahas dalam rapat kerja yang akan dilangsungkan di tanggal 19 maret, salah satunya adalah program lingkungan hidup, yaitu akan menggandeng DKM yang ada di masjid-masjid Kota Bekasi untuk kita ajak bagaimana mengelola sampah sehingga ada nilai ekonominya.

Melalui sambungan telephone, H Ibnu Widodo, ketua umum kastri kepada media menjelaskan bahwa Bazar yang diadakan sebagai bentuk aksi dan kepedulianya sebagai relawan.

“Kami dari Kesetaraan Aliansi Kota Patriot yang disingkat kastri mengadakan acara Bazar minyak goreng bekerja sama dengan PT. BKP.
Dan ini kelanjutan tahap pertama.
Karena antusias warga dengan banyaknya permintaan, kami adakan bazar yang kedua kalinya. Yang tahap pertama kami salurkan 24 ribu liter, hari ini jumlahnya sangat besar yaitu 36 ribu liter. Tujuan kami mengadakan bazar ini adalah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat luas khususnya anggota Kastri untuk memperoleh minyak goreng yang saat ini banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan minyak goreng, jadi ini aksi kepedulian Kastri. Jadi kami terketuk hatinya untuk memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga subsidi pemerintah.” Jelas H. Ibnu.

Lanjutnya,” Kastri ini kebetulan sebagai ketua dewan pembina adalah pak Tri Adhianto Tjahyono yang mana beliau sebagai Plt Walikota Bekasi, untuk itu kastri mengadakan kerjasama dengan salah satu perusahaan yang menyuplay kebutuhan minyak goreng. Adapun minyak gorengnya dengan tiga merk yaitu Rizki, Fitri dan Tropical, yang mana kualitasnya sama. Selain itu kami sampaikan bahwa kastri ini sudah mengadakan Bazar, pertama adalah bazar daging murah,yang kedua bazar gula dan yang ketiga bazar minyak goreng, Bazar minyak goreng hari ini yang ke-dua.kastri ini ingin memberikan pelayanan yang terbaik dalam rangka pengabdian ke masayarakat secara luas khususnya kota Bekasi. kami merencanakan insyaallah sebelum bulan Ramadhan kami adakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat.
Terkait info banyak kebutuhan pokok mengalami kelangkaan, insyaallah kastri nanti menjelang idul fitri akan mengadakan Bazar lagi sesuai kebutuhan yang diinginkan masyarakat, oleh karena doa dan dukungan semua pihak kami sangat mengharapkan sekali.” Jelas H Ibnu Widodo.

Amindo Triono, Salah satu warga Kota Bekasi melihat apa yang dilakukan Kastri sebagai hal positif yang perlu ditiru, sebagai warga Bekasi dirinya senang dengan kegiatan Kastri.

” Alhamdulillah saya senang dengan apa yang dikakukan kastri, kita tahu kastri ini sydah melakukan beberapa kegiatan yang menurut kami baik dan perlu ditingkatkan, khususnya dengan bazar minyak goreng ini kita bisa membantu penyaluran minyak goreng lebih cepat ke masyarakat, tentunya dengan harga yg murah.Harapan kami untuk Kastri kedepan dapat menjadi relawan yg dapat membantu pak Tri dalam menjalankan tugas tugas walikotanya, bisa menjalankan progrom-program dengan baik, dan kami punya harapan untuk pemerintah kota Bekasi kedepan semoga pemkot bisa menjadikan kota Bekasi Maju Sejahtera dan bahagia.” Tutup Amindo Triono.

Reporter: Haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250