Example 728x250

Pasien Berhutang 23 Juta di RS Bayu Asih, Relawan Menjaminkan Diri

M19 NEWS, Purwakarta 15 April 2022. Terhitung Hari ini , Ading (45) seorang pasien dari Kp Warung Jeruk Rt06 RW 003 Desa Warung Jeruk Kecamatan Tegal Waru Purwakarta, Jawa Barat yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih diperbolehkan pulang.

Namun karena tidak memiliki kartu jaminan kesehatan, Ading terpaksa berhutang sebesar 23 juta rupiah pada Rumah Sakit Bayu Asih melaluinjalur pengobatan umum.

Untuk pengobatan berupa operasi amputasi tangan dan jari kakinya setelah beberapa waktu lalu tersengat listrik saat berkerja.

Sebelumnya , ading dibawa ke rumah sakit oleh Aktivis sosial yang menamakan dirinya MRP (Masayarakat Relawan Purwakarta )
Ketua MRP Kamaludin bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan ditemani Penggiat sosial dari Rumah peduli purwakarta Hendro julianto.

Kamal, nekat menjaminkan diri pada rumah sakit demi kepulangan ading sang pasien dampingan.

Saat ini, MRP dan komunitas penggiat sosial lainnya seperti Fossil Social Foundation dan Rumah Peduli Purwakarta sedang melakukan aksi galang dana secara online untuk bisa memenuhi kebutuhan hutang pada Rumah sakit bayu asih.

Kamal berharap ada upaya pemerintah yang bisa meringankan beban rumah sakit tersebut.

“Ya harusnya ada bantuan dari pihak Desa setempat dan pemerintah lainnya untuk ikut membantu ” tulisnya di Pesan singkat WAG relawan.

Disela-sela kesibukan dan cucunya pun di rawat di RS,Ketua Komis IV DPRD Kab. Purwakarta, Said Ali Azmi msh menyempatkan waktu baik darat dan udara untuk para relawan dan pasien.

“kami atas nama relawan mengucapkan trima kasih banyak kepada Pak Jimmy dari komisi 4 DPRD KAB Purwakarta yang telah membantu relawan dalam mediasi dengan RS BAYU ASIH sehingga ada kebijakan dr pihak RS untuk membayar tagihan yang harus dibayarkan kurang lebih Rp.20.000.000 , pihak RS Bayu asih memberi jangka waktu semampunya hingga beres biaya yang harus dibayarkan”. Tambahnya.

Sayangnya, pasien itu telah meninggal dunia.

(Joko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *