Example 728x250

Genjot kegiatan Eksplorasi, Sosialisasikan Rencana Kegiatan Pengeboran Eksplorasi Sumur NK-2 Wilayah Kerja Long Hubung Long Bagun disertai Pelatihan Bahasa Inggris di Mamahak

Mahulu, M19news.com – Dalam rangka melaksanakan program kerja pengeboran eksplorasi migas sumur kedua (NK-2) komitmen kerja kepada Pemerintah Republik Indonesia cq SKK Migas, SKK Migas bersama PT. Kalisat Energi Nusantara (KEN) melaksanakan sosialisasi di Kabupaten Mahakam Ulu untuk memberikan gambaran kegiatan dan menselaraskan tujuan bersama dalam rangka mencari cadangan minyak dan gas bumi negara. Rabu 6 Maret 2024

Hadir dalam sosialisasi Wakil Bupati Mahakam Hulu beserta Jajaran Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, SKPD, Camat Long Bagun, dan Petinggi Kampung, Ketua Badan Pemusyawaratan Kampung (BPK) dan Kepala Adat di sekitar lokasi pekerjaan.

PT Kalisat Energi Nusantara (KEN) merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) berdasarkan Production Sharing Contract (PSC) dengan Pemerintah pada wilayah kerja Long Hubung – Long Bagun (LHLB). Dari sosialisasi tersebut SKKM Migas – KEN bermaksud mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu dan Jajaran Perangkat Kecamatan, Kampung dan Adat di sekitar lokasi.

Sebelumnya KEN telah melaksanakan pengeboran eksplorasi sumur pertama (NK-1X) di tahun 2020 di wilayah Kampung Mamahak Besar, Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu, namun sumur NK-1X belum konklusif atau saat pengeboran mencapai kedalaman yang direncanakan, tidak ditemui cadangan hidrokarbon dalam jumlah yang ekonomis untuk diproduksi. 

KEN akan melakukan pekerjaan pengeboran sumur eksplorasi Kedua (Sumur NK-2) untuk menuntaskan hasil pemboran sumur pertama yang merupakan komitmen kerja kepada Pemerintah di lokasi yang sama dengan Sumur NK-1X. Pengeboran Sumur NK-2 dijadwalkan akan ditajak pada Kwartal ke-2 Tahun 2024 yang diharapkan selesai dalam waktu ± 2 bulan.

Wakil Bupati Mahakam Ulu; Drs. Yohanes Avun, M.Si menyampaikan dukungannya terhadap rencana kegiatan pengeboran ini. Kegiatan hulu migas ini merupakan kegiatan negara dan harus didukung dan dipahami oleh seluruh pihak. Tentunya SKK Migas – KEN juga perlu memperhatikan kearifan lokal yang ada di daerah guna mendukung kelancaran kegiatan tersebut. Dirinya berharap pengeboran yang dilaksanakan oleh SKK Migas – KEN dapat berhasil sehingga dapat memberikan multiflier effek positif bagi daerah.

Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi mengapresiasi atas semangat KEN yang akan melaksanakan pengeboran kembali dibagian terjauh onshore (daratan) cekungan Kutai. Lokasi yang cukup remote tentunya menjadi tantangan serta memerlukan effort yang luar biasa dalam memobilisasi berbagai perlengkapan pengeboran yang akan digunakan nantinya. Dukungan yang diberikan Pemkab Mahulu juga menjadi semangat kami dalam melaksanakan pengeboran eksplorasi ini. Kegiatan ini tentunya dalam rangka upaya menjamin ketahanan energi Nasional. 

Pengeboran eksplorasi yang dilaksanakan KEN ini merupakan pelaksanaan dari Pilar ke 4 Renstra IOG 4.0 yakni melaksanakan kegiatan eksplorasi dalam rangka menemukan cadangan baru. Pemerintah telah menargetkan capaian produksi Tahun 2030 sebesar 1 juta barrel minyak per hari & gas 12 BCFD. Pengeboran ekplorasi yang dilakukan KEN ini merupakan upaya yang dilaksanakan untuk mencapai target tersebut. Lanjut Wisnu.

Bersamaan dengan kegiatan sosialisasi tersebut, juga disertai dengan kegiatan CSR bidang pendidikan yang diberikan oleh Sele Energi dan KEN yaitu pembelajaran Bahasa Inggris kepada siswa/I yang akan berlangsung secara intensif 2 bulan. 

SKK Migas – KEN berkomitmen dalam project tersebut akan mengutamakan safety, memberi kesempatan tenaga kerja lokal untuk ikut dalam pekerjaan sesuai dengan kebutuhan dan skill selama project berlangsung, menjaga lingkungan hidup, turut melestarikan kearifan budaya lokal dan selalu berkoordinasi dengan jajaran Pemerintah Daerah dan kampung di area pekerjaan pengeboran Sumur NK-2. Kegiatan hulu migas merupakan kegiatan negara, olehnya harus didukung oleh semua pihak, tutup Wisnu

Pada tanggal 7 Maret 2024, PT Sele Enegi yg bekerja sama dengan CAKAP, menyerahan CSR berupa program belajar bahasa Inggris secara gratis selama 2 bulan diberikan kepada siswa siswi SDN 07 Mamahak Besar sebanyak 12 orang peserta dan siswa siswi SMPN 02 Long Bagun sebanyak 13 peserta.

2 sekolah tersebut terletak di Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu. Propinsi Kaltim.

Program CSR tersebut bekersama dengan CAKAP. Penyerahan CSR tersebut diserahkan dan disaksikan secara langsung oleh management PT. Sele Energi melalui perwakilan Bpk. Dani Yuliana bersama Ibu Valentina Rering dan dihadiri oleh Kepala sekolah SDN 07 Mamah Besar, Petinggi Kampung Mamahak Besar dan Mamah Ulu serta ketua adat.

Pada kesempatan tersebut Bapak Dani Yuliana menjelaskan, bahwa PT. Sele Energi memberikan program pendidikan bahasa Inggris dengan mendatangakan tenaga pengajar dari Jakarta secara khusus. Dengan harapan bisa memberikan Nilai tambah atau pengetahuan tambahan Berbahasa Inggris. Sehingga siswa siswi SD dan SMP tersebut bisa dengan mahir berbahas Inggris sesuai kurikulum program pendidikan di sekolah. Dan berharap program tersebut bisa bermanfaat dan berdampak positif. 

Di daerah tersebut. PT Sele Energi bekerja sama dengan PT. Kalisat Energi Nusantara akan melakukan pengeboran sumur kedua yaitu NK-2, yang akan dilaksanakan perkiraan di bulan Mei 2024. Dan memiliki harapan keberhasilan didalam menemukan cadangan minyak dan gas diwilayah tersebut.

Rencana sumur yang akan di bor tersebut diberi nama :

Sumur NK-2, yaa terletak di Desa Mamahak Besar, Kecamatan Long Bagun, kabupaten Mahakam Ulu Propinsi Kaltim.

(Nopi) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *