banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Cara Buat Sate Empuk dan Anti Bau Amis, Ini Resepnya!

sate
Bau amis sate dapat dihilangkan dengan merendam daging di di air yang telah beri potongan buah nanas.

MDI19.com – Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban identik dengan olahan daging. Oleh karena itu hampir setiap rumah pasti menyajikan olahan daging.

Untuk itu buat kalian yang bingung mencari resep olahan daging yang sederhana dan praktis coba saja resep sate kambing ini.

Kamu tidak perlu khawatir dengan bau amis dari daging kambing ini.  Karena MDI19.com akan memberikan tips dan trik untuk membuat daging kambing empuk tanpa bau amis.

Sate merupakan salah satu makanan lezat yang mudah kita jumpai di berbagai daerah sebenarnya bukanlah makanan asli dari Indonesia.

Sate merupakan adaptasi dari kebab yang berasal dari India, Turki dan negara Arab lainnya. Kebab Arab memiliki berbagai jenis bentuk dan salah satunya adalah daging kebab yang ditusuk lalu dibakar.

Konon Sate mulai masuk di Indonesia pada abad ke-19 bersama dengan kedatangan pedagang Gujarat India, pedagang Arab dan pedagang muslim Timur Tengah lainnya. Para pedagang tersebut berdagang di pulau Jawa sehingga terjadi akulturasi budaya termasuk kuliner.

sate
Sate kambing tidak disarankan bagi orang yang memiliki penyakit darah tinggi

Awalnya rakyat Indonesia tidak mengerti cara mengolah daging cara dibakar, mereka hanya akrab dengan cara memasak daging dengan direbus.

Sejak saat masyarakat Indonesia pelan-pelan mulai akrab dengan kuliner daging yang dibakar, yang kini menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sehingga muncullah pedagang kaki lima yang menjual aneka jenis sate, mulai dari sate daging sapi dan sate kambing atau domba. Untuk nama sate sendiri sebenarnya berasal dari kata catai yang artinya daging.

Namun lidah orang Indonesia lebih mudah menyebutnya dengan sate yang kita kenal sampai saat ini.

Resep Sate Kambing

Yuk coba praktekkan resep Sate Kambing berikut ini. Dijamin ini yang paling gampang dan pastinya enak. Cocok jadi teman kulineran selama #dirumahaja selama masa PPKM sembari merayakan Idul Adha 2021 bersama keluarga.

Di resep sate kali ini MDI19.com menggunakan daging kambing.

Jika tidak suka daging kambing, bisa diganti dengan daging sapi ya. Jadi, baca lengkap resep sate kambing berikut ini sampai habis dan langsung siapkan bahan-bahannya ya sobat!

Bahan Membuat Sate Kambing

  • 1 Kg daging sapi (bisa diganti daging kambing),
  • 3 Sendok makan kacang tanah yang sudah disangrai,
  • 3 Siung bawang putih,
  • 3 Buah cabai merah besar,
  • ½ sendok teh petis,
  • Garam secukupnya,
  • Air panas secukupnya,
  • Kecap manis secukupnya.

Cara Membuat Bumbu Sate

  • Uleg kacang sangrai dan bawang putih yang sudah digoreng sampai halus merata,
  • Tambahkan garam dan petis secukupnya,
  • Jika bumbu kacang dirasa sudah halus, beri kecap dan air panas sedikit demi sedikit hingga bumbu tercukupi cair.

Cara Membuat Sate Kambing

  • Potong dadu daging sapi atau kambing,
  • Lalu tusukkan menggunakan tusuk sate,
  • Kemudian bakar daging sate hingga setengah matang,
  • Ketika sudah setengah matang, baluri seluruh permukaan daging dengan bumbu kacang yang sudah dibuat tadi,
  • Selanjutnya, hidangkan dengan irisan bawang merah, bawang goreng atau potongan cabai rawit agar semakin nikmat,

Bagaimana resep sate kambing ala MDI19.com di atas? Mudah bukan? Resep sate kambing di atas bisa dikreasikan sesuai dengan daging kesukaan kalian.

Jika tetap menggunakan daging kambing, pastikan kalian telah mebersihkan daging hingga bau amis hilang dengan cara daging direndam ke dalam air yang berisi potongan buah nanas.

Atau bisa juga daging diberi air perasan jeruk nipis secara merata ke seluruh permukaan daging.

Tapi ingat, resep sate kambing di atas tidak disarankan idangkan ke orang yang memiliki penyakit darah tinggi. Semarakkan momen Idul Adha kamu #dirumahaja di masa PPKM ini bersama keluarga dengan hidangan sate daging yang  tentunya menggugah selera ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250