banner 160x600
banner 160x600
banner 1100x250

Begini Khasiat Madu Nektar Rambutan dan Madu Kayu Putih bagi Kesehatan Tubuh

M19News, Subang – Sudah jamak diketahui khasiat atau manfaat mengonsumsi madu bagi kesehatan. Madu disebut-sebut sebagai makanan dan obat herbal yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Mengutip Wikipedia, Madu adalah subtansi makanan manis dan kental yang dibuat oleh lebah madu dan serangga lainnya. Madu yang dihasilkan oleh Lebah berasal dari sekresi gula tumbuhan (nektar bunga) atau dari sekresi serangga lain (seperti honeydew atau madu serangga).

Tahukah Anda, bahwa di dunia ini terdapat 300 jenis madu yang sebagian besar berasal dari Indonesia. Jenis madu yang beredar luas di Indonesia misalnya madu kopi, madu pahit Bangka, Kaliandra dan banyak lagi yang lainnya. Jenis madu tersebut dipengaruhi oleh sari-sari bunga yang dihisap lebah sebagai penghasilnya.

Nah salah satu jenis madu yang banyak dicari konsumen karena dianggap memiliki banyak khasiat adalah madu nektar rambutan dan kayu putih.

Untuk madu bunga rambutan, lebah atau bahasa latinnya Apis mallifera mencampur sari bunga rambutan dengan cairan khusus dari dalam tubuhnya, begitu juga dengan madu nectar kayu putih.

Ada beberapa kandungan menyehatkan yang terdapat di dalam madu rambutan dan kayu putih seperti kandungan zat besi yang berfungsi mencegah kurang darah, kerontokan rambut, mentransfer oksigen dalam darah, dan mengoptimalkan kinerja sel-sel otak.

Kandungan lainnya adalah kalium dan fosfor. Zat ini berfungsi menanggulangi gairah seks yang melemah dan mencegah kerapuhan tulang atau osteophorosis, serta memaksimalkan kinerja jantung

Madu juga mengandung enzim katalase, berfungsi mengurangi racun dalam tubuh. Adapun seng, berfungsi katalisator reaksi biokimia serta meningkatkan hormon. Yang tidak kalah penting, madu juga kaya antioksidan berfungsi menetralkan unsur radikal bebas dari limbah hasil proses metabolisme tubuh.

Selain itu, madu juga mengandung fruktosa, glokosa, maltosa, sukrosa, energi (kalori/gram), enzim dan asam amino yang mudah diserap tubuh sehingga cocok untuk dikonsumsi masyarakat dengan aktivitas fisik dan energi berpikir setiap hari.

Nah, beberapa khasiat madu di antaranya mengobati sakit maag, mengobati sakit pinggang, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar fungsi otak serta menyembuhkan luka luar dengan cara dioleskan.

Sementara untuk madu Kayu Putih merupakan madu unggulan yang dihasilkan oleh lebah Hutan dari nectar Kayu Putih sehingga secara alami terjaga rasa, aroma dan khasiatnya.

Madu Kayu Putih berkhasiat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh/imunitas, mengobati demam, Mengobati sakit gigi, meredakan masuk angin dan sakit kepala (pusing), menyehatkan pencernaan, mengatasi distress pernapasan  dan meringankan nyeri dan pegal-pegal dan meredakan batuk. (Dwi Cahyono)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 1100x250